Wednesday, August 12

Apa itu CMS dan Cara Memilih CMS yang Tepat

Meski sudah banyak sekali pengguna internet dan web developer, ternyata tak sedikit pula yang belum paham tentang apa itu CMS. Padahal, CMS itu sendiri merupakan sebuah senjata yang cukup ampuh untuk membantu mengembangkan website/blog. Dari sekian banyak pemrograman atau pembuatan situs di internet, CMS merupakan yang paling mudah digunakan.

Berbagai macam manfaat juga akan didapatkan jika Anda menggunakan CMS dalam pembuatan website/situs blog. CMS itu sendiri bisa membuat pemrograman pada website atau situs menjadi lebih sederhana dan mudah dimengerti.

Mengenal Apa itu CMS?

Pixabay.com

Nah, CMS (Content Management System) itu sendiri merupakan sebuah sistem atau perangkat lunak yang mampu mengatur konten dalam situs web. Hal ini berlaku untuk berbagai situs web seperti web company profile, blog, forum, e-commerce dan lain sebagainya. CMS bisa dikatakan sebagai pembuatan situs/web instan yang tersedia di internet sehingga bisa lebih mudah tanpa melakukan bahasa pemrograman.

Menggunakan CMS ada banyak manfaatnya, berikut ini beberapa kegunaan dari CMS, antara lain:

  1. Mudah dan Cepat

Menggunakan CMS adalah langkah paling tepat yang bisa dilakukan untuk pelaku usaha dalam membuat website e-commerce maupun website jenis lainnya. Manfaat yang bisa didapatkan yaitu efisiensi karena bisa dibuat dengan sangat mudah dan cepat. Bahkan, Anda bisa membayar orang untuk membuat website dengan CMS.

  1. Mudah Mengelola Konten dan Fitur

Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah menambahkan berbagai macam plugin untuk membuat pengaturan fungsi dan konten. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam melakukan pengelolaan website serta menambahkan berbagai macam fitur lainnya. Anda tidak perlu menggunakan bahasa pemrograman yang sulit, CMS tersedia dengan tampilan yang sederhana dan memudahkan dalam pengaturan.

  1. Mudah Mengganti Desain

Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah memilih, mengganti dan mengedit desain tampilan atau template pada website. Dengan begitu, Anda bisa mengoptimalkan tampilan website yang menarik untuk pembaca, template itu sendiri ada yang gratis dan berbayar.

  1. Bisa Menambah Banyak User

Setelah mengenal apa itu CMS, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan berupa akses untuk mengatur berbagai macam fitur pada sebuah situs. Salah satu yang sangat dibutuhkan yaitu bisa digunakan untuk menambah banyak user, biasanya dibutuhkan untuk website bisnis.

  1. Proses Maintenance Mudah

Selama perjalanan membangun website atau blog, Anda pasti akan melakukan perubahan baik itu secara sistem maupun tampilannya saja. Nah, dengan adanya CMS Anda tidak perlu khawatir karena proses maintenance dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan otomatis.

  1. Mengoptimalkan SEO

Salah satu kelebihan utama dari penggunaan CMS yang sangat bermanfaat adalah bisa mengoptimalkan SEO. Bagaimana tidak? CMS itu sendiri memiliki berbagai macam plugin gratis maupun berbayar yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan SEO.

Tips Memilih CMS yang Tepat

Pixabay.com

Hingga saat ini, ada banyak sekali jenis CMS yang bisa digunakan untuk membantu pembuatan dan pengaturan website sesuai keinginan Anda. Oleh karena itu, Anda harus bisa memilih CMS yang paling tepat dan bisa membantu memudahkan pekerjaan Anda, bukan malah membingungkan. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan dalam memilih CMS (Content Management System), antara lain:

  • Pilih yang Sesuai Kebutuhan

Karena begitu banyak CMS yang bisa Anda gunakan, maka sebaiknya pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Oleh karena itu, penting sekali untuk menentukan jenis website apa yang Anda buat dan akan diarahkan ke mana. Jika sudah tahu tujuannya, maka akan lebih mudah mengetahui apa saja yang dibutuhkan dan lebih muda juga memilih CMS.

  • Gunakan yang Mudah Dipahami

Selain itu, pilih juga CMS yang mudah Anda pahami agar bisa digunakan dengan mudah. Jika membingungkan atau menyulitkan karena tidak paham cara menggunakannya, hal itu malah akan memperlambat Anda. Padahal, keberadaan CMS itu sendiri digunakan untuk membantu mempercepat kinerja Anda.

  • Pastikan Nyaman Saat Digunakan

Selain memahami apa itu CMS, poin utama yang perlu ditekankan saat memilih CMS yaitu mudah digunakan dan praktis saat digunakan. Dengan kata lain, penggunaan CMS apapun seharusnya bisa membuat Anda nyaman dan merasa terbantu. Ada dua jenis CMS yang bisa Anda gunakan yaitu CMS Hosted dan CMS Self Hosted dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Nah, itulah pengertian tentang apa itu CMS dan bagaimana cara memilih CMS yang tepat untuk website atau blog. Anda juga bisa menggunakan jasa untuk pembuatan dan pengaturan website seperti Atlanta SEO Company. Selain itu, silahkan coba diterapkan juga beberapa tips di atas dan terus kembangkan website yang Anda jalankan.