Friday, July 1

Bagaimana Cara Setting Gmail di Outlook?

Penggunaan email saat ini sudah menjadi kebutuhan dalam melakukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan internet. Sebagian besar masyarakat saat ini menggunakan Gmail sebagai media untuk mengirim pesan secara elektronik. Memahami bagaimana cara penggunaan Gmail sangat penting. Bagi Anda yang belum mengetahui cara Setup Gmail di Microsoft Outlook, Simak informasi berikut.

Cara Setting Gmail di Outlook

  1. Login Gmail

Langkah awal untuk melakukan setting Gmail di Outlook yaitu Anda harus login terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk menghidupkan IMAP dan SMTP agar bisa di setup ke Microsoft Outlook. Apabila langkah ini sudah selesai dilakukan, maka halaman Gmail akan muncul. Temukan menu setting di Icon Setting dan pilih Setelan/Setting. Lalu, ikuti proses selanjutnya.

  1. Halaman Setelan/Setting

Setelah muncul halaman Setelan/Setting, Anda bisa mengklik Penerusan dan POP/IMAP untuk melakukan pengaturan setting IMAP Access. Lalu, halaman Penerusan dan POP/IMAP akan muncul dan Anda sudah bisa mengaktifkan IMAP Access. Setelah itu, klik Simpan perubahan dan lihat Petunjuk Konfigurasi IMAP Access dengan mengklik Petunjuk konfigurasi dan halaman Bantuan akan muncul.

  1. Setting Aplikasi & Situs yang Terhubung

Selanjutnya langkah pada setting Aplikasi & situs yang terhubung di akun google milik Anda. Caranya yaitu klik Akun Saya pada tab profil akun google lalu cari Aplikasi & situs yang terhubung. Setelah itu, klik Izinkan aplikasi yang kurang aman agar bisa login ke outlook.

Cara Setting Gmail di Outlook

1. Langkah Kedua : Setting Outlook

Anda bisa membuka Outlook Windows sebagai langkah awal. Versi yang digunakan adalah Outlook Versi 2007. Lalu, Anda bisa mengklik Next untuk melanjutkan dan Anda akan diarahkan ke langkah selanjutnya yakni agreement tentang sinkronisasi email menggunakan Outlook. Anda bisa memilih Yes di pilihan ini dan klik Next.

Proses Penambahan Akun Outlook

Apabila langkah di atas sudah selesai, langkah selanjutnya yaitu Anda bisa memilih Manually configure server settings or additional server types sebagai proses penambahan akun Outlook. Langkah ini bertujuan agar Anda bisa memasukkan informasi di dalam manual settings email yang sudah disiapkan. Lalu, klik Next.

Pilih Internet E-mail

Langkah selanjutnya yaitu Anda bisa memilih internet E-mail. IMAP adalah tipe service email yang digunakan maka Anda bisa mengklik Next. Apabila sudah selesai, Setting IMAP Access untuk google akan muncul. Anda bisa mengisi kolom kosong yang sesuai dengan informasi manual settings di email yang sudah disiapkan.

Menulis Alamat E-mail

Sebagai contoh, Your Name adalah nama akun yang bisa diisi dengan alamat email. Lalu, Anda bisa menuliskan alamat e-mail. Pilih IMAP untuk pilihan account type. Lalu, Anda bisa mengisikan informasi manual setting email pada Incoming mail server dan Outgoing mail server. Setelah itu, masukkan alamat email dan passwordnya.

Halaman More Settings

Jika langkah di atas sudah selesai, Anda bisa mengklik More Settings di bagian Outgoing Server lalu berilah tanda centang di My Outgoing Server (SMTP) requires authentication. Anda bisa mengklik di bagian Use same settings as my incoming mail server. Langkah ini bertujuan agar tetap pada konfigurasi yang sudah diatur pada langkah sebelumnya tanpa perubahan.

Langkah di halaman More Settings masih belum selesai. Anda bisa mengisikan port masing – masing sesuai dengan informasi manual settings email di bagian tabs Advanced. Setelah itu, di bagian Incoming server (IMAP), tuliskan port 993 lalu pilih SSL. Lalu, Di bagian Outgoing Server (SMTP), tuliskan port 465 dan pilih SSL berdasarkan Configurasi di atas dan klik OK.

2. Finishing

Setelah Anda mengklik OK, langkah selanjutnya akan muncul. Anda bisa mengecek apakah proses sudah benar Akun yang dimasukkan di form outlook. Caranya dengan mengklik Test Account Setting maka windows baru akan muncul. Lalu, klik next untuk melanjutkan dan akun Anda sudah sukses dimasukkan ke Microsoft Outlook dan windows baru akan muncul. Klik finish untuk lanjut ke halaman Gmail.

Itulah serangkaian proses dan cara setting Gmail di Outlook. Bagi Anda yang melakukan ini sebagai pengalaman pertama mungkin akan sedikit bingung. Hal ini sangat wajar dan Anda perlu untuk terus mencoba agar bisa sukses melakukan prosesnya. Apabila Anda membutuhkan informasi lainnya yang berkaitan dengan internet atau akun Gmail, Anda bisa mengunjungi website berakal.com.