Friday, July 1

Cara Reset iPhone

Ada kalanya iPhone yang Anda gunakan harus di reset atau di atur ulang, misalnya pada saat Anda lupa password atau saat ingin menjual iPhone. Entah ingin menjual iPhone dan menghapus data di dalamnya atau ingin membuka iPhone yang Anda lupa passwordnya, semua ini bisa diselesaikan dengan cara reset iPhone.

Reset yang dilakukan pada iPhone akan membuat iPhone Anda kembali ke pengaturan awal atau pengaturan pabrik, persis seperti pertama kali Anda membelinya. Artinya, iPhone kembali dalam keadaan bersih dan nampak seperti baru lagi. Dengan kata lain, otomatis semua data milik Anda akan terhapus. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk melakukan back up data sebelum melakukan reset pada iPhone.

Terdapat dua jenis reset pada iPhone, yaitu soft reset dan hard reset. Soft reset tidak akan menghapus semua data milik Anda, karena ini artinya sama saja dengan restart atau reboot pada Android.

Soft Reset iPhone

Pixabay.com

Fungsinya biasanya hanya untuk memulihkan iPhone yang sedang hang atau berhenti secara tiba-tiba, sehingga aplikasi tidak bisa dijalankan secara mendadak. Cara melakukan soft reset, yaitu:

  1. Tekan tombol Home dan Sleep pada iPhone secara bersamaan selama kurang lebih 10 detik.
  2. Setelah layar iPhone gelap atau berwarna hitam, lepaskan tangan dari kedua tombol tersebut.
  3. Tunggu beberapa saat hingga logo Apple tampil pada layar iPone Anda. Ini adalah proses restart dari iPhone. Tunggu saja hingga proses restar hingga selesai dan jangan tekan apapun. Saat proses restart selesai, Anda bisa langsung menggunakan iPhone kembali seperti sediakala.

Hard Resep iPhone

Pixabay.com

Kemudian, yang kedua ada hard reset atau factory reset, yaitu melakukan pengaturan ulang pada iPhone secara keseluruhan. Cara inilah yang secara otomatis akan menghilangkan semua data-data yang tersimpan di dalam iPhone Anda. Sebab, tampilan dan pengaturan iPhone akan kembali seperti pertama kali Anda membelinya. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke menu ‘Pengaturan’ atau ‘Settings’ pada iPhone Anda
  2. Pilih menu ‘Umum’ atau ‘General’
  3. Klik menu ‘Reset’ dan pilih ‘Erase All Content and Settings’
  4. Kemudian akan muncul pop up pada layar Anda mengenai peringatan seluruh data akan terhapus jika melakukan reset iPhone. Pilih ‘Erase iPhone’ atau masukkan Apple ID untuk mengkonfirmasi tindakan reset yang akan Anda lakukan.
  5. Setelahnya, iPhone Anda akan mati dengan logo Apple pada layarnya. Pada saat inilah iPhone Anda sedang berproses mengembalikan pengaturan pada pengaturan awal atau pengaturan pabrik. Tunggu beberapa saat hingga iPhone menyala kembali.
  6. Ketika iPhone menyala kembali, maka pengaturan Anda sudah terhapus. Anda bisa langsung memasukkan pengaturan baru selanjutnya.

Cara kedua ini biasanya dilakuan jika tujuan Anda ingin menjual iPhone ke orang lain atau Anda lupa password iPhone, dan lain sebagainya. Dengan melakukan hard reset, mulai dari aplikasi, foto, video, musik, dan semua data akan hilang. Cara ini penting dilakukan terutama sebelum menjual iPhone ke orang lain, karena tentu Anda tidak ingin pemegang baru iPhone Anda mengetahui data-data pribadi milik Anda.

Oleh karena itu, sebelum melakuan hard reset, baiknya Anda melakukan back up data terlebih dahulu. Anda bisa melakukan back up data pada iCloud dan iTunes. Namun, jika hard reset dilakukan karena lupa password dan Anda tidak bisa membuka iPhone Anda, maka Anda harus siap dengan resiko kehilangan semua data yang ada di dalam iPhone.

Cara tersebut di atas tidak dapat dilakukan pada iPhone 7 dan 8 series. Jika Anda pengguna iPhone 7 series, maka ada langkah tersendiri untuk melakukan reset iPhone Anda. Cara reset iPhone 7 adalah sebegai berikut:

  1. Tekan dan tahan tombol power pada bagian kanan atas bersamaan dengan menekan tombol volume down pada iPhone Anda.
  2. Kemudian, klik terus tombol tersebut hingga terlihat logo Apple.

Sedangkan, untuk seri iPhone 8 juga memiliki cara yang berbeda dalam melakukan reset. Pada iPhone 8, Apple mengganti beberapa tombol yang baisa dipasang pada seri-seri sebelumnya. Meski berbeda, perbedaan ini tidak cukup menyulitkan para penggunanya untuk melakukan reset pada iPhone 8. Cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Klik dan lepaskan tombol volume up dan volume down pada bagian kiri ponsel.
  2. Kemudian tekan tombol power pada bagian kanan
  3. Tunggu hingga layar ponsel mati dan menampilkan logo Apple. Maka otomatis iPhone sudah reset.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk reset iphone Anda. Cara-cara tersebut sangat sederhana dan begitu mudah dilakukan dan sangat berguna, terutama bagi Anda yang baru pertama kali memiliki iPhone. Update terus informasi mengenai teknologi dan komunikasi teranyar melalui laman ukdpc.net.