Wednesday, January 19

Cara Merawat Pohon Semangka

Pohon semangka ini memang mampu menghasilkan buah yang digemari oleh banyak orang di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Buah ini memiliki rasa yang segar dan juga manis. Bahkan pohon buah ini memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Hal ini juga dibuktikan dengan banyaknya masyarakat di Indonesia yang memulai budidaya pohon ini.

Faktor Pertumbuhan Pohon Semangka di Indonesia

Agar nantinya pertumbuhan dari pohon buah semangka ini berhasil, Anda harus memahami dan memperhatikan bagaimana cara menanam semangka khususnya untuk para pemula. Apabila Anda nantinya merawat pohon buah semangka yang tepat, maka buah yang akan muncul pun bisa besar-besar dan juga segar.

Lokasi lahan yang tepat serta musim tanam menjadi salah satu faktor yang bisa membuat pertumbuhan semangka bisa jauh lebih baik. Selain faktor ini, masih ada banyak faktor lainnya yang bisa membantu dalam penanaman pohon buah semangka yang diantaranya adalah:

  • Ketinggian lahan menjadi faktor penting dalam mempengaruhi penanaman pohon buah semangka. Pohon ini bisa tumbuh secara optimal pada ketinggian 0 sampai dengan 600 mdpl.
  • Tekstur tanah yang dibutuhkan adalah tekstur yang remah, gembur bahkan berpasir dengan sistem drainase yang cukup baik.
  • Musim tanam juga menjadi salah satu faktor yang penting dalam kesuksesan penanaman pohon buah semangka. Pohon ini juga membutuhkan air yang cukup.
  • Ketika memasuki musim penghujan, memang menjadi salah satu tantangan bagi para pembudidaya. Untuk itulah Anda disarankan untuk menyemprotkan dengan cairan anti hama karena akan ada banyak serangan penyakit yang makin lama makin meningkat.
  • Anda juga disarankan untuk melakukan penataan lahan yang tepat untuk sistem drainase yang optimal. Anda juga bisa menggunakan mulsa plastik hitam perak untuk menanam pohon buah ini pada musim kemarau.

Jadi, di atas adalah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh sejumlah pembudidaya. Bahkan apabila Anda salah satunya, maka Anda bisa menerapkan beberapa cara di atas untuk melakukan penanaman pohon semangka agar nanti buahnya bisa tumbuh sehat dan juga berkualitas tinggi.