Thursday, October 22

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Berat badan yang terlalu berlebihan kadang menjadi masalah tersendiri bagi seseorang. Dengan berat badan yang terbilang cukup tinggi, biasanya seseorang berusaha untuk menurunkannya.

Olahraga merupakan cara yang tepat untuk menurunkan berat badan, akan tetapi banyak orang yang melakukan olahraga meskipun berkeinginan menurunkan berat badan.

Oleh karena itu, kami akan memberikan tips kepada Pecinta Olahraga untuk menurunkan berat badan tanpa olahraga. Yuk simak penjelasan berikut sampai selesai.

10 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Aktif Bergerak

Jika anda tidak bersemangat untuk berolahraga, anda cukup memperbanyak gerak atau melakukan pekerjaan yang cukup menyita tenaga, karena hal tersebut dapat membakar kalori pada tubuh, sehingga berat badan pun akan turun.

Banyak sekali pekerjaan yang bisa anda lakukan di rumah, seperti menyapu, mengepel, mencuci, atau pekerjaan lain yang membuat tubuh anda menjadi aktif bergerak.

Menjaga Pola Tidur dan Menghindari Stress

Menjaga pola tidur ternyata dapat menurunkan berat badan. Sebab, jika anda terlalu kurang tidur maka yang akan terjadi adalah munculnya rasa lapar karena hormon leptin dan hormon ghrelin menjadi terganggu.

Selain menjaga pola tidur, penting juga untuk menghindari stress. Sebab, stress dapat mengganggu kerja berbagai hormon dan meningkatkan nafsu makan karena produksi hormon kortisol juga meningkat.

Hindari Makan Sambil Melakukan Aktifitas Lain

Ketika anda makan sambil melakukan aktivitas lain seperti menonton televisi, bermain hp, dan lain sebagainya, dapat membuat anda tidak fokus pada makanan tersebut.

Peristiwa ini dapat menyebabkan anda memakan sekitar lebih dari 25% kalori, karena keadaan anda saat itu terdistraksi. Oleh karena itu, penting untuk fokus pada makanan ketika anda tengah memakan makanan.

Mengurangi Porsi Makan dari yang Biasanya

Dengan mengurangi porsi makan, anda akan semakin mudah untuk menurunkan berat badan. Cara ini sering disebut dengan diet. Porsi makan yang banyak dapat meningkatkan resiko obesitas.

Memperbanyak Minum Air Putih

Salah satu cara paling mudah dan efektif untuk menurunkan berat badan adalah memperbanyak minum air putih, sebab hal ini dapat membuat anda mengurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak kalori.

Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa seseorang yang memperbanyak minum air putih hingga 0,5 liter dan mengurangi minuman manis dapat menurunkan berat badan hingga 44% dalam 12 minggu.

Memperbanyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Serat

Makanan yang mengandung banyak serat cenderung memberikan rasa kenyang lebih cepat dan lama. Salah satu jenis serat adalah serat kental, yang mana serat tersebut dapat berubah menjadi gel ketika terjadi kontak dengan air.

Gel tersebut akan akan meningkatkan waktu untuk menyerap nutrisi dan mampu memperlambat pencernaan, sehingga lambung terasa selalu terisi dan tidak cepat kosong. Hal ini dapat mengurangi anda makan dengan porsi yang banyak.

Hindari Makanan yang Tidak Sehat

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa terlalu banyak memakan makanan yang tidak sehat dapat menaikkan berat badan, misalnya cemilan yang tidak baik untuk tubuh. Karena itu, perlu menghindari makanan tersebut untuk menurunkan berat badan.

Memperbanyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Protein

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa makanan yang banyak mengandung protein lebih cepat membuat perut terasa kenyang, sehingga dapat membantu anda untuk mengurangi makanan yang mengandung banyak kalori.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang memakan 441 lebih sedikit kalori per harinya dengan meningkatkan asupan protein hingga 15% sampai 30% dapat menurunkan berat dalam waktu 12 minggu sekitar 4 kg.

Di antara makanan yang mengandung banyak protein adalah telur, ikan, ayam, kacang almond, dan greek yoghurt.

Menggunakan Piring Kecil ketika Makan

Sebagaimana kita ketahui jika ukuran piring itu sangat beragam, mulai dari kecil, sedang, dan besar. Untuk membantu menurunkan berat badan, gunakanlah piring kecil ketika anda akan makan, apalagi jika anda akan memakan makanan yang kurang sehat.

Hal ini dapat menjadi trik untuk mengalihkan pemikiran dari otak kita. Misalnya, jika anda menggunakan piring kecil maka secara otomatis makanan yang akan diambil juga terbilang sedikit, begitu juga sebaliknya dengan piring yang besar.

Mengunyah Makanan Secara Perlahan

Mengunyah makanan secara perlahan merupakan salah satu tips yang bagus untuk menurunkan berat badan. Mengapa demikian? Karena mengunyah makan secara perlahan, merasakan makanan tersebut, hingga kita mampu menelannya merupakan sebuah kesadaran.

Hal ini karena terkadang kita makan dengan buru-buru, pikiran tidak fokus, dan tidak bisa merasakan makanan yang sedang dimakan, sementara hal itu dapat menyebabkan kerja otak tidak maksimal dan kita sendiri menjadi tidak sadar bahwa sebenarnya kita sudah kenyang.

Karena hal itulah kita menjadi lebih banyak menelan makanan padahal perut sudah terasa kenyang.

Selain menjadi kesadaran tersendiri, mengunyah makanan perlahan juga dapat membuat makanan yang akan ditelan menjadi lebih mudah dicerna dengan baik oleh enzim-enzim yang terdapat di mulut dan meningkatkan rasa kenyang. Bahkan, kalori yang masuk ke dalam tubuh pun menjadi sedikit.