Monday, September 28

Bagaimana Cara Menulis Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Tulisan Arab?

Hari raya merupakan salah satu hari yang paling dirayakan oleh umat muslim. Ada dua hari raya yang selalu dirayakan setiap tahunnya yaitu hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Idul Fitri dilaksanakan setelah selesai bulan Ramadhan. Sedangkan, Idul Adha dilaksanakan saat ibadah haji dilangsungkan.

Biasanya, setiap hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha, setiap muslim akan saling mengucapkan selamat dan doa. Salah satu bentuk doa yang paling sering diucapkan adalah taqaballahu minna wa minkum. Apa artinya?

Taqaballahu minna wa minkum dalam bahasa Arab memiliki arti yaitu semoga Allah menerima amalku dan amal kalian. Ucapan doa ini sering diberikan terutama setelah hari raya. Pada saat hari raya Idul Fitri, ucapan ini sering digunakan untuk mengacu pada amal perbuatan yang dilakukan di bulan Ramadhan.

Sedangkan, pada hari raya Idul Adha ucapan taqaballahu minna wa minkum diucapkan setelah seseorang menunaikan ibadah Qurban dan juga Haji. Akan tetapi, sebenarnya penggunaan ucapan doa ini bisa kapanpun selama mengacu pada amal perbuatan yang baik.

Seringkali, ucapan taqaballahu minna wa minkum diucapkan secara langsung ketika bertemu. Akan tetapi, banyak orang yang juga menuliskan doa ini dalam bentuk pesan tertulis terutama jika tidak diberi kesempatan untuk bertemu.

Tulisan taqaballahu minna wa minkum dapat ditulis dalam bentuk tulisan latin maupun Arab. Tulisan latin memang lebih mudah ditulis. Akan tetapi, seringkali penulisannya berbeda karena mengubah tulisan Arab menjadi latin sangatlah sulit.

Sedangkan, tulisan Arab dari taqaballahu minna wa minkum juga sangat sulit dituliskan. Beberapa orang kemudian menggunakan template dari tulisan Arab tersebut. Sementara itu, banyak orang juga menggunakan gambar tulisan Arab dari taqaballahu minna wa minkum.

Perlunya Mempelajari Bahasa Arab yang Benar

Pixabay.com

Banyaknya muslim yang tidak bisa menuliskan ucapan taqaballahu minna wa minkum secara benar menggunakan tulisan Arab tentu menimbulkan keprihatinan. Bahasa Arab bagi seorang muslim merupakan alat komunikasi yang membantunya untuk mempelajari ajaran agama Islam secara menyeluruh. Mengapa?

Bahasa Arab merupakan bahasa inti yang digunakan oleh agama Islam. Semua ajaran inti yang tertulis dalam kitab suci Al Qur’an, Al Hadits, kitab para Tabi’in, hingga imam empat mahdzab, semuanya menggunakan bahasa Arab. Oleh karena itu, jika seorang muslim ingin lebih memahami tentang Islam secara keseluruhan, akan lebih baik jika mempelajari bahasa Arab.

Bahasa Arab juga digunakan sebagai salah satu bahasa resmi di berbagai negara terutama negara Timur Tengah dan Afrika Utara. Ketika para delegasi negara tersebut datang ke negara lain, tentunya mereka membutuhkan penerjemah bahasa Arab sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi lebih baik. Oleh karena itu, bahasa Arab juga sangat penting di era globalisasi.

Ada banyak orang yang juga ingin melanjutkan kuliah di negara yang ada di Timur Tengah. Besarnya beasiswa yang ditawarkan baik berupa beasiswa untuk kuliah dan hidup menjadi salah satu alasannya. Selain itu, jurusan yang ditawarkan tidak hanya berkisar pada ilmu agama Islam saja akan tetapi juga ilmu umum seperti sains dan teknologi.

Jika kamu ingin melanjutkan sekolah atau kuliah di negara yang menggunakan bahasa Arab, akan lebih baik jika kamu belajar bahasa Arab. Dengan menguasai bahasa Arab, kamu akan dapat lebih mudah untuk beradaptasi dengan kehidupan dan budaya yang ada pada negara tersebut. Sehingga, pendidikanmu juga akan lebih mudah selesai.

Belajar Bahasa Arab Secara Sistematis dan Menyeluruh

Pixabay.com

Salah satu tantangan dalam belajar bahasa Arab adalah sistematika dan keseluruhan materi yang ada pada bahasa Arab. Hal ini dikarenakan tingkat kesulitan belajar bahasa Arab di atas rata – rata. Banyaknya tata bahasa dan pola kalimat yang harus diperhatikan membuat proses belajar bahasa Arab menghabiskan waktu yang lebih lama. Oleh karena itu, kamu perlu belajar bahasa Arab di lembaga yang memang profesional dalam menyelenggarakan pembelajaran bahasa Arab.

Salah satu lembaga terbaik dalam pembelajaran bahasa Arab adalah Lembaga Kursus Bahasa Arab Al Azhar. Lembaga ini memiliki kantor pusat yang ada di Pare, Kediri, Jawa Timur. Tempat diselenggarakannya pembelajaran bahasa Arab sering disebut dengan Kampung Arab.

Ada banyak program yang ditawarkan oleh Lembaga Kursus Bahasa Arab Al Azhar. Informasi secara detail mengenai program dan juga staf pengajar dapat dilihat pada website alazharpare. Selain itu, kamu juga bisa melihat testimoni dari para alumni yang pernah belajar di Lembaga Kursus Bahasa Arab Al Azhar.

Program yang ditawarkan disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai oleh siswa. Sebagai contoh, jika kamu ingin mempelajari bahasa Arab dari mulai tingkat dasar hingga menyeluruh, kamu bisa mengambil program Full Time. Program ini akan mengajarkan pada siswa tentang dasar – dasar dari bahasa Arab hingga tingkat yang paling tinggi.

Sedangkan, bagi siswa yang ingin belajar kitab kuning, mereka bisa mengambil program Al Miftah dan Tamyiz. Kedua program tersebut sama – sama mengajarkan cara untuk membaca dan memahami kitab kuning. Hal yang membedakan adalah metode pembelajaran yang digunakan. Hal ini disesuaikan dengan tingkat kesulitan materi yang diberikan.