Tuesday, September 29

Cara Menjodohkan Burung Dara Yang Sukses

Burung Dara adalah salah satu burung yang dikenal dengan sebutan burung keluarga. Burung dara pada umumnya dijodohkan untuk proses perkembang biakan atau untuk pelatihan giring. Namun, ternyata dalam proses penjodohan burung dara tidak asal ambil burung dara berjenis kelamin jantan dan betina saja, melainkan harus melalui beberapa tahapan. Seperti cara menjodohkan burung dara yang sukses di bawah ini!

1) Memilih Dua Jenis Kelamin yang Berbeda

Untuk memikat burung dara laki-laki, dalam proses perjodohan maka dipilihlah burung dara dengan jenis kelamin yang berbeda. Salah satunya dengan memilih jenis burung betina yang tentunya sudah dewasa dan cenderung lenjeh. Untuk burung dara jantan maka dipilihlah jenis burung dara dengan tingkat kedewasaan seperti halnya burung dara betina.

2) Menentukan Kandang

Kandang yang digunakan untuk tempat penjodohan burung dara dengan jenis kelamin berbeda harus dibuat terpisah dari burung dara yang lain. Biasanya, ukuran ruangan yang diperlukan tidak terlalu sempit namun tidak terlalu lebar juga. Anda hanya perlu siapkan ruangan dengan ukuran 40×40 cm saja.

3) Penjemuran Burung Dara

Burung dara yang sudah dijodohkan hendaknya pada waktu pagi hari selalu dijemur di bawah sinar matahari. Hal ini selain karena sinar matahari sangat baik bagi tubuh, burung dara yang dijemur biasanya melakukan kawin. Dengan demikian maka burung dara pun akan semakin cepat giring.

4) Proses Giring Burung Dara

Setelah anda melakukan penjemuran pada burung dara, maka anda dapat melakukan proses giring pada dua burung dara tersebut dengan anda memegang burung dara betina. Biasanya proses giring ini dilakukan saat burung dara betina hendak bertelur. Kabarnya, jika semakin cepat burung dara giring, maka semakin cepat bertelurnya.

5) Memberi Minuman Jamu

Bukan jadi hal yang asing lagi jika burung dara yang akan dilombakan sangat dekat dengan minuman jamu. Maka, tujuan dari pemberian jamu ini adalah selain untuk membuatnya lebih lincah dan tidak cepat lelah, burung dara jantan jadi lebih agresif terhadap betinanya. Sementara burung dara betina diberi pakan jamu supaya bertelurnya teratur.

Itulah kiat yang perlu anda kaji dalam cara menjodohkan burung dara dengan baik dan benar.