Wednesday, August 12

Cara Mengolah Singkong Goreng Hingga Mekar Nan Yummy

 

 

Kita semua mengenal singkong sebagai jenis umbi yang sering diolah menjadi berbagai macam makanan. Salah satunya adalah singkong goreng. Jenis olahan ini sangat mudah kita temui di pasar tradisional sebagai jenis makanan yang dimanfaatkan sebagai camilan ringan.

Singkong goreng atau fried singkong memiliki cara membuat yang mudah, sehingga bisa dipraktekkan oleh siapapun bahkan oleh pemula. Rasanya yang lezat ditambah dengan topping yang bermacam-macam membuat jenis olahan makanan tersebut disukai oleh banyak orang.

Namun membuat singkong goreng yang renyah sekaligus mekar adalah hal yang cukup sulit. Mengapa? Dan bagaimana solusi mengatasinya? Temukan jawabannya di bawah ini.

 

Cara Membuat Singkong Goreng Yang Mekar Dan Lezat

Ketika membuat singkong goreng yang crispy, anda tinggal menggorengnya hingga kering. Namun susah untuk membuat fried singkong yang crispy sekaligus berukuran besar karena mekar. Namun jangan khawatir, berikut ini solusinya :

  1. Persiapkan singkong dengan cara mengupas kulit serta mencucinya. Jika ukuran singkong dirasa terlalu besar, potong kecil-kecil hingga didapat ukuran yang diinginkan. Jangan lupa untuk memilih singkong yang tidak terlalu tua karena teksturnya akan terlalu keras dijadikan olahan ini.
  2. Setelah itu, panaskan minyak di dalam wajan hingga mendidih. Jangan lupa untuk menyetel api dalam ukuran sedang. Setelah minyak panas, masukkan singkong secukupnya ke dalam wajan dan goreng hingga berwarna kuning. Tiriskan singkong yang dirasa sudah empuk.
  3. Ambil suatu wadah yang tidak terlalu besar, setelah itu isi dengan air dan garam. Aduk hingga garam larut sepenuhnya ke dalam air. Singkong yang telah anda goreng, masukkan ke dalam air tersebut. Hal ini bertujuan agar singkong bisa mengembang di dalam larutan air garam. Setelah dirasa cukup, tiriskan singkong.
  4. Masukkan kembali singkong yang telah ditiriskan hingga berwarna kecokelatan. Jangan terlalu gosong ketika menggoreng singkong untuk kedua kalinya.
  5. Setelah itu, sajikan pada wadah dan taburkan topping sesuai yang anda inginkan.

Singkong yang telah digoreng tersebut bisa diberi taburan topping seperti keju, bumbu balado, bubuk BBQ, hingga dicolek ke dalam saos. Topping tersebut bisa menambah rasa dari singkong yang telah anda goreng.

Dengan tutorial yang telah kami suguhkan, anda akan bisa membuat fried singkong yang crispy sekaligus mekar. Tekstur dari singkong goreng anda pun akan empuk karena telah direndam garam. Sajikan olahan singkong tersebut untuk keluarga anda. Selamat mmempraktekkan.