Thursday, July 9

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop

Anda memiliki laptop tentu untuk digunakan dengan tujuan yang beragam. Tak heran, jika ada banyak software dan aplikasi yang kemudian dipasangkan pada laptop guna memenuhi kebutuhan yang beragam tersebut. Bisa jadi itu adalah game atau aplikasi lainnya yang memang dibutuhkan. Lambat laun pemakaian laptop Anda, tentunya aplikasi tersebut semakin tidak terhitung jumlahnya.

Sayangnya tidak banyak yang tahu, bahwa terlalu banyak menyimpan aplikasi pada laptop adalah salah satu penyebab mengapa laptop yang sudah lama digunakan akan lebih lamban digunakan atau bahasa yang lebih dikenal adalah lemot. Jika sudah memenuhi batas kapasitasnya, maka kinerja laptop akan semakin menuruh dan dapat mengganggu produktivitasnya.

Bukan hanya menurunkan kinerja laptop saja, aplikasi yang penuh hingga membuat hard disk sesak, bisa berujung pada masalah-masalah lainnya, seperti system crash yang menyebabkan laptop mengalami freeze aau macet. Masalah lainnya, tidak bisa memasangkan update, program, dan sebagainya. Padalah pembaruan sistem sangat penting dilakukan untuk membuat laptop bisa melakuan kinerja lebih.

Masalah lainnya yang tentu saja tidak Anda inginkan adalah kerusakan data. Hal ini mungkin saja terjadi, apabila hard disk Anda terlalu penuh menyimpan aplikasi di laptop. Misalnya, Anda sedang membuka sebuah file, lalu sistem tiba-tiba mengalami crash seperti yang disebutkan sebelumnya, maka ada kemungkinan file tersebut akan disimpan dalam bentuk yang rusak. Sayang sekali, bukan?

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar Anda tidak mengalami masalah-masalah yang demikian adalah dengan membersihkan sistem dari file-file sampah yang sudah menumpuk, sehingga bisa membesarkan kembali ruang penyimpanan Anda. Kemudian, yang paling ampuh adalah dengan menyingkirkan semua aplikasi yang memang tidak Anda butuhkan dan tidak pernah Anda gunakan.

Tips Hapus Aplikasi Bawaan Windows 10

Cara menghapus aplikasi di laptopsebetulnya berbeda-beda pada masing-masing versi Windows maupun OS. Pada kesempatan kali ini, kami akan menginformasikan cara menghapus aplikasi ini pada Windows 7 dan 10 yang sering digunakan. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghapus aplikasi di Windows 10:

  • Menggunakan fitur bawaan

Cara menghapus aplikasi di laptopdengan menggunakan fitur bawaan ada beberapa cara. Pertama, menggunakan Menu Start dengan memilih menu ‘Start’ dan mencari program yang ingin Anda uninstall dengan menggulirkan daftar aplikasi yang tersedia. Kemudian, arahkan mouse pada ikon aplikasi, klik kanan, dan pilih ‘Uninstall’.

Cara kedua melalui Settings. Pertama, arahkan mouse pada menu ‘Start’, kemudian klik kanan dan pilih opsi ‘Apps & features’. Tidak lama, akan muncul tab dan Anda bisa melihat daftar program dan aplikasi yang terpasang pada laptop Anda. Kemudian, klik kanan pada aplikasi yang akan di uninstall, lalu pilih ‘Uninstall’.

Cara ketiga dengan menggunakan Control Panel dengan mengetikkan ‘Program and Features’ pada kotak pencarian yang terletak di kiri bawah display. Kemudian akan muncul daftar aplikasi dan program yang terpasang pada laptop Anda. Ggulirkan mouse Anda sembari mencari aplikasi mana yang ingin Anda uninstall, klik kanan pada program tersebut, lalu pilih ‘Uninstall’.

Pada OS Windows 7, Anda bisa menggunakan menu Control Panel untuk melakukan uninstall aplikasi pada laptop. Cara ini juga bisa dilakukan pada Windows 10 dan 8. Caranya, klik menu ‘Start’ dan pilih ‘Control Panel’. Setelah terbuka tabnya, pilih ‘Programs. Muncul ‘Program and Features’, gulir untuk menemukan program yang akan di uninstall. Pilih program dan klik kanan, lalu klik ‘Uninstall’.

  • Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Selain menggunakan fitur bawaan yang memang sudah terpasang pada laptop Anda, Anda bisa melakukan uninstall aplikasi dengan menggunakan aplikasi tambahan dari pihak ketiga. Ada cukup banyak aplikasi pemeliharaan yang bisa diunduh dan pasang secara gratis. Salah satu aplikasi yang paling populer adalah CCleaner. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi CCleaner yang sudah terpasang pada laptop Anda.
  • Pilih menu ‘Tools’ dan pilih ‘Uninstall.
  • Carilah program atau aplikasi yang ingin Anda buang atau copot pemasangannya dari laptop Anda.
  • Setelah dipilih, klik kanan aplikasi tersebut, kemudian pilih ‘Uninstall’.
  • Tunggu beberapa saat, maka aplikasi akan hilang.

Selain melakukan pencopotan aplikasi, Anda juga bisa menggunakan CCleaner untuk membuang file-file sampah atau ‘cache’ yang menumpuk. Dengan begitu, Anda bisa lebih menghemat lebih banyak lagi ruang penyimpanan pada laptop Anda yang sebetulnya bisa digunakan untuk menyimpan data-data yang lebih penting.

Itulah beberapa metode yang bisa dilakukan untuk meng-uninstall aplikasi pada laptop Anda. Jika Anda ingin mencari aplikasi tambahan lainnya yang terbaik untuk melakukan uninstall pada laptop, silahkan mencarinya pada Best AREight yang merupakan situs terpercaya mengenai teknologi dan segala hal yang berkaitan dengan gadget. Di sini, Anda akan menemukan berbagai rekomendasi aplikasi terbaik.