Monday, November 23

Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi

 

Deskripsi

Bayi berusia di bawah 6 bulan sering terdengar sesak napasnya dan mungkin berisik, bahkan sering bersin. Biasanya kondisi ini dialami karena hidung tersumbat karena lendir normal yang terkumpul di hidung yang sulit dikeluarkan oleh bayi.

Artikel

Posisi Tidur dan Banyak Minum

Posisi kepala yang lebih tinggi daripada perut akan membantu memperlancar sistem pernapasan bayi Anda dari hidung tersumbat. Gravitasi akan membantu mengatasi hidung tersumbat dengan menambahkan bantal di atas akasur bayi Anda tidur.

Minum cairan atau ASI jika bayi Anda berumur di bawa 6 bulan juga akan membantu mengencerkan dahak sehingga dapat melegakan hidung tersumbat pada bayi.

Cara Membersihkan Hidung Bayi

Tidak seperti anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa, bayi tidak bisa begitu saja membuang ingus ke tisu, jadi jika mereka sangat tidak nyaman dengan bayi yang tersumbat, Anda dapat membantu membersihkan lendir dari hidung.

Anda akan membutuhkan semprit hidung atau alat hisap, dan sebotol tetes hidung saline. Selalu gunakan beberapa obat tetes hidung bayi sebelum menggunakan penyedotan. Cara ini membantu melonggarkan dan mengencerkan lendir, sehingga lebih mudah dikeluarkan dan mencegah iritasi.

Bagaimana dengan Humidifier?

Ketika cuaca panas terus berlanjut di dalam ruangan, udara di dalam mulai mengering yang membuat bayi tersumbat semakin parah. Coba gunakan humidifier kabut dingin di kamar tempat bayi Anda tidur. Ini akan membantu menjaga sekresi hidung tetap longgar dan juga mencegah bayi terbangun di malam hari karena udara kering.

Kapan Harus Khawatir ?

  • Jika napas bayi Anda sesak dan lebih dari 60 kali napas per menit bahkan tidak melambat saat ia tenang
  • Jika Anda mendengar dengusan terus-menerus di akhir tarikannya
  • Jika ia mengembang lubang hidungnya, atau jika dia bernapas begitu keras sehingga dadanya tertarik setiap kali terhirup
  • Jika pernapasan bayi Anda berhenti lebih dari 10 detik setiap kali, atau jika ia membiru

Beberapa cara mengatasi pilek pada bayi bisa dilakukan sendiri di rumah. Bila Anda memiliki cara alternatif lainnya untuk meredakan pilek, coba konsultasikan bagaimana keamanan metode tersebut kepada dokter.