Monday, September 28

Cara Mendidik Anak Usia 1 Tahun Dengan Efektif

Orang tua harus tau dan bisa menyesuaikan porsi didikan anak sesuai usianya, misalnya cara mendidik anak usia 1 tahun. Anak pada usia ini menurut perkembangannya seharusnya sudah dapat berjalan dan sedikit berbicara minimal memanggil ayah dan ibu.  Namun ada tahap perkembangan tersendiri di dalamnya, ada anak yang lebih dulu berjalan baru bisa berbicara jadi bicaranya ketinggalan. Ada juga anak yang lebih dulu berbicara baru bisa berjalan. Hal ini sudah biasa terjadi, oleh karena itu orang tua tidak perlu khawatir jika anaknya mengalami perkembangan sesuai dengan salah satu tahap diatas terlebih dahulu. Selain itu, anak pada usia ini juga harus terpenuhi kebutuhan gizi yang baik sebagai penunjang tumbuh kembang anak kedepannya.

Ini Cara Mudah Mendidik Anak

Ada beberapa step lain juga yang bisa dilakukan orang tua untuk cara mendidik anak usia 1 tahun. Misalnya dengan  melatih anaknya agar bisa berjalan dan berbicara dengan cepat adalah sering mengajak anak berbicara atau mengenalkan anak pada benda-benda yang ada di sekitarnya sambil bermain. Selain itu juga sering-sering membantu anak agar berlatih berjalan juga bisa mempercepat anak mampu berjalan. Pada usia ini meskipun anak belum mampu mengucapkan lafad sebuah kata dengan jelas namun anak memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi untuk menyerap setiap hal dan benda yang ada di sekitarnya. Jadi anak pasti akan bisa membedakan satu benda dengan benda lainnya.

Pastikan Merawat Anak Dengan Sabar

Selain cara diatas yang bisa dilakukan orang tua untuk mendidik lainnya adalah dengan tidak memarahi anak jika saja anak melakukan kesalahan, misalnya menghilangkan barang penting atau apapun. Karena ini akan bisa mempengaruhi psikologis anak, anak menjadi sering menangis dan ketakutan, hal semacam ini bisa saja terjadi kapanpun dan dimanapun. Jadi orang tua harus ekstra berhati-hati. Orang tua juga harus menjaga anaknya secara siap siaga, karena anak di usia ini memiliki rasa keingintahuan yang tinggi, jadi mungkin akan sering bermain hal yang tidak seharusnya dimainkan, misalkan bermain kabel listrik atau sebagainya.