Friday, July 3

5 Cara Menanam Bunga Matahari Menggunakan Biji Tanpa Ribet

Helianthus Annus Linn atau bunga matahari merupakan salah satu bunga yang terlihat begitu menawan. Warnanya yang kuning dan bentuknya mirip dengan matahari ini belakangan sangat populer. Tentunya untuk mengambil berbagai pose menarik bagi kaum milenials. Namun selain memiliki keindahan yang memukau, bunga matahari juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Untuk anda yang ingin memilikinya,yuk simak cara menanam bunga matahari dalam ulasan berikut.

Cara Mudah Untuk Membudidayakan Bunga Penghasil Kuaci

1. Manfaat Bunga Matahari

Bunga matahari tidak hanya memiliki rupa yang cantik dan memang sangat pas dijadikan tanaman hias. Namun rupanya bunga yang berwarna kuning ini juga memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Bagian kelopak hingga akarnya bisa diolah menjadi obat herbal yang mampu untuk mengobati berbagai macam penyakit. Mulai dari mengatasi nyeri mensturasi, diabetes, hingga radang payudara yang hanya dengan mengkonsumsi air rebusannya saja.

Bunga matahari juga menghasilkan kuaci yang sangat cocok untuk menjadi camilan ketika anda diet. Biji bunga matahari ini memiliki kandungan protein nabati serta serat yang bisa membuat anda mengontrol rasa lapar. Bunga matahari juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan wajah yang sudah terbukti ampuh. Bahkan ada yang mengolahnya menjadi minuman dari sari bunga matahari yang juga memiliki khasiat yang begitu beragam

2. Menanam Bunga Matahari Dari Bijinya

Cara menanam bunga matahari terbilang mudah karena dengan menggunakan bijinya saja sudah bisa dikembangĀ  biakkan. Ada banyak jenis dari bunga matahari yang bisa anda budidayakan. Mengingat beberapa jenis bunga matahari bisa tumbuh sampai dengan beberapa meter. Namun ada juga jenis yang tidak tumbuh melebihi satu meter, jenis tersebut antara lain autumn beauty, mammoth, teddy bear dan sunbeam. Berikut cara menanamnya.

  1. Memilih Benih Bunga Matahari Terbaik

Ketika anda ingin menanam tanaman, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memilih benihnya. Benih atau bibit yang baik nantinya juga diharapkan bisa menghasilkan tanaman yang berkualitas. Apalagi jika anda menanamnya dengan bijinya, maka langkah satu ini tidak boleh anda lewatkan. Anda bisa membeli biji bunga matahari yang memang sangat sehat dan juga berasal dari indukan yang sehat pula.

Beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika memilih adalah dengan membelinya di toko yang memang sudah memiliki ulasan bagus. Anda juga perlu tahu jika kuaci atau biji yang akan ditanam bukanlah yang untuk dimakan. Umumnya ukurannya akan lebih kecil dibandingkan yang dikonsumsi jadi kuaci. Anda bisa mengujinya dengan cara merendam kuaci selama 5 atau 10 menit agar tahu kualitas sebelum tahu cara menanam bunga matahari.

Kuaci yang tidak layak untuk dijadikan sebagai bibit akan mengapung setelah anda rendam. Anda juga perlu tahu jika masing masing jenis dari bunga matahari memiliki bentuk serta warna yang berbeda. Sehingga anda tidak perlu kaget jika ukuran, bentuk dan juga warna pada bibit berbeda. Anda juga bisa meminta bantuan dari petani bunga cantik satu ini untuk merekomendasikan bibit yang berkualitas tinggi.

  1. Mempersiapkan Media Tanam

Jika bibit yang anda butuhkan sudah dimiliki, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan media tanamnya. Media tanamĀ  ini merupakan campuran dari tanah serta pupuk yang perbandingannya 2:1. Ada baiknya jika menyiapkan media tanam ini sebelum memilih bibit atau juga bisa bersamaan. Hal ini akan membantu tanah untuk tercampur merata serta agar nutrisinya bisa tercampur dengan tanah agar semakin subur.

Bunga matahari sangat cocok dengan tanah yang sedikit lebih asam dan basa, dengan pH mulai dari 6.0 sampai 7.5. Namun bukan berarti bunga berwarna kuning ini tidak bisa tumbuh pada jenis tanah yang lainnya. Sebaiknya anda juga memiliki lahan yang langsung terpapar dengan matahari serta tidak ada angin yang melintas. Bantuan sinar matahari dalam cara menanam bunga matahari merupakan poin yang sangat penting.

  1. Proses Pembibitan Bunga Matahari

Setelah media tanamnya disiapkan, maka anda bisa melakukan pembibitan terlebih dahulu. Sehingga ketika ditanam di lahan yang lebih luas, bunga ini bisa tumbuh dengan baik serta tidak mati. Bibit dari bunga matahari di semai pada media semai yang diletakkan di nampan atau polibag. Selama proses pembibitan usahakan agar bibit tidak terkena hujan secara langsung. Dan anda juga harus menjaga agar medianya tetap lembab. Bibit ini bisa ditanam ketika sudah 30 hari.

  1. Proses Penanaman

Apabila bibit yang sudah anda semai tumbuh dengan baik, maka saatnya anda memindah bunga matahari pada tempat yang lebih besar. Anda bisa menanamnya di lahan terbuka hingga pada sebuah pot atau polibag yang besar. Pemindahan dilakukan agar bunga satu ini bisa tumbuh dengan lebih optimal. Proses pemindahan bibit ini bisa dilakukan satu per satu dengan hati hati seperti yang dijelaskan dalam cara menanam bunga matahari.

Pada saat proses pemindahan media tanam kering, maka anda bisa menambahkan air sehingga gembur dan mudah dipindahkan. Anda langsung saja bisa menanamnya dengan kedalam tanah mencapai 10 cm an. Intinya hingga seluruh akar bibit sudah masuk pada tanah dan tidak terlihat. Barulah nantinya akan tumbuh dengan subur bunga mataharinya.

  1. Perawatan Rutin

Bibit yang sudah dipindahkan pada tempat yang lebih besar akan berusaha untuk terus beradaptasi dengan media tanamnya. Sehingga ketika masa masa ini anda harus memperhatikan bunga cantik satu ini. Bunga matahari tergolong dengan bunga yang membutuhkan air banyak. Anda bisa menjadwalkan penyiraman saat pagi dan juga sore setiap harinya. Namun hal ini dilakukan ketika udaranya sedang terik teriknya.

Adanya perpaduan air serta sinar matahari yang cukup, maka akan membuat bunga matahari tumbuh dengan lebih subur dan cepat. Selain itu anda juga bisa menambahkan nutrisi dengan memberikan pupuk setelah usianya 2 bulan. Pemberian pupuk ini juga harus dilakukan berkala 1 bulan sekali seperti cara menanam bunga matahari. Jika diserang hama anda bisa memberikan pestisida.

Bunga matahari yang cantik merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah untuk dibudidayakan. Umumnya ketika sudah berusia 3,5 bulan maka kelopaknya akan terus berguguran. Sehingga pada saat ini anda bisa memanen biji dari bunga matahari. Dengan begitu anda bisa memanfaatkan untuk melakukan pembibitan kembali. Cara menanam dan bunga matahari ini terbilang mudah.