Wednesday, August 12

Cara Membuat Umpan Ikan Mas Yang Jitu Sesuai Situasi dan Kondisi Saat Memancing

Sudah tahu bagaimana cara membuat umpan ikan mas yang jitu? Selalu gagal saat memancing ikan mas? Tampaknya ada yang salah dengan umpan yang Anda gunakan. Nah, agar ikan mas selalu menyambar umpan Anda, buat sendiri umpannya.

Memang umpan ikan mas bisa dengan mudah Anda beli di toko peralatan memancing. Tetapi fakta di lapangan membuktikan umpan yang dibuat sendiri terbukti lebih disukai oleh ikan mas. Pertanyaannya, bagaimana cara membuat umpan ikan mas yang jitu?

Membuat Umpan Ikan Mas Juara

Jenis umpan ikan mas yang satu ini cocok sekali digunakan pada saat lomba di kolam buatan. Beberapa bahan yang dibutuhkan adalah:

  1. Pindang atau tongkol 2 hingga 3 iris.
  2. Pelet ikan 200 gram hingga 300 gram.
  3. ½ ons kroto.
  4. Nissin Crackers rasa keju 2 sampai dengan 3 buah.

Kemudian cara meraciknya adalah:

  1. Rendam terlebih dahulu pindang atau tongkol tadi dengan air panas selama 10 menit. Setelah itu tiriskan dan buang bagian daging yang berwarna hitam.
  2. Campurkan dengan pelet dan remukan biskuit Nissin Crackers. Campur ketiga bahan tadi hingga merata.
  3. Terakhir, cocolkan pada kroto ketika umpan akan digunakan memancing.

Membuat Umpan Ikan Mas Jitu

Umpan ikan mas yang akan dibuat ini cocoknya digunakan untuk memancing ikan mas pada habitat aslinya. Beberapa bahan yang dibutuhkan adalah:

  1. Ikan sarden kalengan.
  2. 1 butir putih telur.
  3. 1 ons kroto
  4. 1 bungkus kecil santan kara.
  5. 1 sachet susu dancow putih.
  6. 3 lembar daun pandan.

Kemudian jara meracik umpannya adalah:

  1. Campurkan terlebih dahulu semua bahan kecuali sarden hingga merata. Lalu kukus selama 15 menit. Kemudian angkat dan tunggu hingga dingin.
  2. Setelah dingin, campurkan dengan sarden kalengan hingga merata. Umpan siap digunakan untuk memancing ikan mas.

Membuat Umpan Ikan Mas Harian

Cara membuat umpan ikan mas yang jitu ini cocok untuk Anda yang ada rencana memancing dalam beberapa hari ke depan. Bahan yang dibutuhkan adalah:

  1. Biskuit rasa kepala (bisa juga menggunakan biskuit rasa vanila atau susu).
  2. 1 butir telur asin yang sudah matang.
  3. 1 bungkus pelet pancing jitu.
  4. Air panas.

Kemudian cara meracik umpannya adalah seperti ini:

  1. Haluskan terlebih dahulu biskuit. Setelah itu campurkan dengan 1 butir telur asin hingga merata. Beri air panas sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi kenyal.
  2. Setelah dirasa kenyal, campurkan dengan pelet pancing jitu secukupnya. Umpan ikan mas sudah siap digunakan.

Membuat Umpan Ikan Mas Air Keruh

Untuk memancing ikan mas pada air keruh, tentunya butuh umpan khusus yang sedikit berbeda dengan umpan lainnya. Untuk membuatnya, beberapa bahan yang dibutuhkan adalah:

  1. Ikan cue atau pindang
  2. Pelet ikan mas secukupnya.
  3. Kuning telur.

Kemudian cara membuat umpan ikan mas yang jitu adalah:

  1. Awali dengan menghaluskan ikan cue dan pindang terlebih dahulu. Lalu tambahkan kuning telur, pelet, dan potongan keju. Kemudian aduk sambil sesekali tambah air panas.
  2. Setelah adonan tercampur rata, masukkan pada plastik dan ikat dengan rapat. Lalu kukus adonan tadi selama 30 menit.
  3. Setelah 30 menit, angkat lalu buka plastiknya. Lalu campurkan dengan kroto secukupnya. Kemudian masukkan kembali ke dalam plastik dan kukus lagi selama 15 menit.
  4. Terakhir, angkat dan biarkan sampai dingin. Umpan sudah siap untuk digunakan mancing ikan mas.

Efek Memancing untuk Kesehatan

Salah satu studi yang dipublikasikan oleh BioScience Journal menemukan jika paparan udara alam yang segar dalam keseharian bisa meringankan stres dan meningkatkan rasa percaya diri.

Namun untuk Anda yang tidak tertarik untuk memancing, sebenarnya ada cara yang lebih mudah lagi, yaitu dengan memelihara ikan hias. Pasalnya secara psikologis, melihat ikan yang bergerak di akuarium juga termasuk bagian dari terapi pikiran.

Efeknya akan membuat pikiran lebih fresh dan stres pun akan hilang. Apalagi jika ikan hias tersebut ditempatkan pada akuarium yang dipesan dari Aqua World Dijamin efeknya akan semakin terasa.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan memancing. Ternyata hobi memancing Anda memiliki manfaat yang besar juga untuk kesehatan. Namun dengan catatan umpan Anda disambar oleh ikan. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk mempraktikkan cara membuat umpan ikan mas yang jitu agar bisa mendapatkan banyak ikan mas.