Thursday, November 26

Cara Membangunkan Bayi Untuk Menyusu

Ada kalanya bayi mempunyai waktu tidur yang lama sehingga bisa melewati saat harus minum ASI. Banyak orang tua terutama bagi seorang ibu yang khawatir akan hal ini.

Biasanya mereka takut jika bayinya mengalami penurunan berat badan karena melewati jam minum ASI nya. Oleh karena itu kami akan memberikan ulasan mengenai bagaimana cara membangunkan bayi untuk menyusu.

1. Sentuh bayi dengan lembut

Sentuhan bayi dengan lembut saat Ia tidur. Sentuhan ini bisa dipercaya membangunkan bayi tanpa mengagetkannya. Sentuh pada area tangan, punggung sampai dengan kaki bayi.

2. Mengganti Popoknya

Gerakan kita saat sedang mengganti popok bayi bisa membangunkan si kecil. Hal ini juga bisa dijadikan cara yang ampuh ketika kita merasa kesulitan dengan cara membangunkannya.

3. Berkomunikasi dengannya

Ketika bayi sedang tidur terlelap, kita bisa membangunkannya dengan mengajaknya berkomunikasi dengan lembut. Komunikasi ini bisa juga diganti dengan menyanyikan lagu yang lembut.

4. Basuh dengan handuk basah

Ketika bayi masih belum juga bangun, maka kita bisa menggunakan cara dengan membasuhnya menggunakan waslap dan air yang hangat. Basuhlah di area dahi dengan lembut agar bayi tidak kaget.

5. Gendong bayi ke arah payudara

Kita Pun bisa menggunakan cara lain, terutama bagi ibunya untuk menggendong bayi mendekat ke payudara ibu. Bayi bisa mencium dan mengenali air susu serta keberadaan payudara. Hal ini bisa membuat bayi langsung menyusu ASI pada ibunya.

6. Singkirkan selimutnya

Menyingkirkan selimut bayi ketika sedang tidur bisa membuat bayi terbangun karena merasa sedikit kedinginan dan tidak nyaman. Akan tetapi perlu diingat bahwa kita jangan melakukan hal ini jika sedang berada di daerah yang mempunyai suhu dingin.

7. Matikan lampu

Umumnya bayi sangat sensitif terhadap pencahayaan. Disaat kita menyalakan lampu maka bayi akan memejamkan mata dan tertidur, tetapi bayi akan membuka matanya saat kita mematikan lampunya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membangunkan bayi agar menyusu. Walaupun cara diatas kemungkinan tidak selalu berhasil, tak ada salahnya untuk mencobanya.