Wednesday, September 30

Sudah Tahu Cara Melihat Ip Komputer? Yuk Simak Caranya Di Sini

Saat ini untuk mendapatkan informasi bisa dengan mudah dilakukan. Anda bisa mengakses internet untuk mendapatkan berbagai informasi. Hanya beberapa detik saja, anda sudah bisa mengakses banyak hal. Kemudahan yang anda dapatkan ini tentunya atas kerjasama perangkat anda dan juga internet. Namun tahukah anda juga untuk menyambungkan internet butuh IP Addres, lalu  bagaimana cara melihat Ip Komputer? Simak ulasannya berikut.

Langkah Mudah Untuk Melihat IP Adress Komputer

  1. Sekilas Tentang Ip Adress

Ip Adress merupakan sebaris angka yang akan dimiliki oleh komputer, smartphone, laptop dan perangkat lain yang terhubung dengan internet. Setiap perangkat akan memiliki angka yang berbeda, bisa dikatakan jika ip adress ini merupakan identitas dari sebuah perangkat. Hanya saja ip adress seseorang bisa saja sama dengan webmaster yang dimiliki orang lain. Selain sebagai identitas, ip adress ini juga memiliki fungsi yang penting.

Fungsi dari Ip Adress ini tidak hanya untuk menyambung dengan internet saja. Namun juga untuk mengirim data pada perangkat anda. Saat anda sedang mengakses situs, maka akan terjadi proses pengunduhan data yang dilakukan atau dikirim oleh situs tersebut. dan proses ini terjadi berkat adanya Ip adress. Ketika terhubung dengan WIFI publik, IP adress ini juga bisa berfungsi sebagai identitas perangkat dalam sebuah jaringan internet.

  1. Menemukan Ip Adress Melalui Command Prompt

Cara melihat ip komputer bisa dilakukan dengan bantuan common prompt. Bisa dikatakan langkah ini digunakan untuk melihat Windows Ip Private dan langkah langkahnya terbilang rumit. Namun tidak ada salahnya untuk mencobanya langkah pertama silahkan tekan simbol Windows dan juga huruf R pada keyboard anda. Kemudian silahkan ketikkan cmd pada kolom yang muncul dan tekan enter untuk membuka command prompt.

Akan ada tampilan dengan layar hitam yang akan terbuka, segera ketikkan ipconfig dan enter. Pada saat itu komputer anda akan menampilkan beberapa informasi yang berkaitan dengan koneksi jaringan anda. Semua informasi yang berkaitan dengan koneksi jaringan PC akan ditampilkan dengan jelas dan lengkap. Apabila internet anda aktif, maka silahkan cari sambungan aktif serta cari IPv4 Address. Umumnya dikelompokkan dalam 3 atau 4 angka dengan dipisahkan tanda titik.

  1. Menemukan Ip Public Pada Router Setting

Menemukan Ip adress juga bisa dilakukan dengan melihat pada bagian router internet anda. Langkah pertama yang anda lakukan adalah membuka halaman konfigurasi router. Hampir semua router mewajibkan pengguna untuk mengatur setting router dari berbagai browser. Sehingga dalam Cara Melihat Ip Komputer silahkan masukkan alamat Ip roter pada web browser. Anda bisa memeriksa dokumen router milik anda untuk Ip adress router yang spesifik.

Apabila sudah  silahkan buka router status, internet ataupun WAN page. Anda bisa memeriksa buku bantuan untuk mendapatkan halaman tersebut. Dan jika sudah masuk pada halaman router status, internet atau WAN page anda bisa melihat pada bagian bawah. Umumnya akan ada kolom yang berisikan Internet IP Adress dan atau Internet Port. Angka yang muncul itulah yang merupakan IP adress router dan perangkat yang tersambung juga sama IP adressnya.

  1. Menggunakan Network Connections

Tidak hanya bisa menggunakan common prompt, anda juga bisa mendapatkan Ip adress privat dengan menu Networ Connections yang ada di komputer anda. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah tekan simbol Windows + huruf R pada keyboard. Setelah itu ketikkan cpl langsung enter. Jika window sudah terbuka anda bisa klik kanan pada koneksi aktif di PC anda. Setelah itu pilih menu status, cara ini digunakan untuk membuka status koneksi.

Jika anda pengguna Windows XP, maka silahkan pilih tombol support. Cara Melihat Ip Komputer dilanjutkan dengan membuka network conections details. Apabila sudah terbuka, anda tinggal klik pada bagian details. Tanpa menunggu lama, anda sudah bisa mendapatkan IP privat address anda di Network Connection Detail. Anda harus ingat, IP Address umumnya sebuah angka yang dipisah dengan 3 atau 4 dengan tanpa titik sebagai pemisahnya.

  1. Mengintip Ip Public Dengan Mesin Pencarian

Tidak hanya bisa mengetahui ip adress secara privat, kita juga bisa mengetahui ip public. Dan langkah mudahnya dengan memanfaatkan mesin pencarian. Karena jika anda tahu, google atau Bing tidak hanya menjadi search engine namun jua bisa menampilkan IP Public yang anda miliki. Apalagi untuk mengetahuinya tidaklah ribet, anda hanya perlu membuka Google atau Bing anda sebagai langkah pertama yang harus anda lakukan.

Mesin pencarian ini bisa menampilkan ip address dari modem maupun roter yang bisa dilihat oleh penggunanya. Setelah itu untuk Cara Melihat Ip Komputer, anda tinggal mengetikkan what is my ip pada kolom pencarian dan tekan enter. Tanpa menunggu lama, ip adress public anda sudah bisa anda dapatkan. Cara satu ini terbukti efektif paa beberapa mesin pencarian seperti Bing, Google, Ask dan lainnya. Namun tidak bisa digunakan pada Yahoo.

Ip Public juga dikelompokkan dalam 3 maupun 4 angka yang akan dipisahkan dengan tanda ttik. Ip public yang anda cari melalui mesin pencarian biasanya akan ditampilkan pada hasil pencarian yang paling atas. Namun tak jarang akan ditampilkan pada kolom tersendiri. Apabila anda menggunakan pencarian melalui Ask, anda bisa mendapatkan jawaban IP Adress public anda pada More Answers.

Anda perlu tahu jika Ip Adress ini diberikan oleh penyedia layanan internet pada penggunanya. Dan alamat IP ini biasanya bisa akan berubah pada waktu ke waktu. Ip Adress ini sifatnya rahasia, sebab bisa disalahkan gunakan oleh hacker jika tidak dijaga dengan baik. Tak hanya itu, IP Adress yang ditutupi oleh proxy akan membuat mesin pencarian tidak menampilkan IP yang sebenarnya. Cara Melihat Ip Komputer satu ini tak ada salahnya dicoba.

Dari penjelasan tersebut, bisa disimpulkan jika Ip Adress pada komputer tidak hanya yang internal namun juga ada yang eksternal. Untuk ip adress eksternal biasanya akan berubah dan tergantung dari updetan. Sementara untuk internal bisa dikatakan jarang berubah ubah. Fungsi Ip adress ini sebagai identitas masing masing perangkat sehingga anda harus menjaganya agar tidak terjadi hal yang diinginkan.