Thursday, July 9

Yuk Cari Tahu Rahasia 8 Cara Foto Kamera Saku yang Jarang Orang Ketahui

Bagi fotografer, menghasilkan foto bokeh memang sudah menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan foto yang bagus dengan bantuan kamera pocket. Jangan berfikir hanya kamera DSLR saja yang bisa menghasilkan foto yang bagus, namun kamera pocket pun bisa menghasilkan foto yang bagus. Yuk simak cara foto kamera saku yang bisa menghasilkan gambar yang ciamik.

Cara Memotret Dengan Kamera Saku

Pixabay.com
  1. Memahami Setting Kamera Saku

Sebelum anda memotret, sudah wajib hukumnya untuk memahami setting kamera pada kamera saku. Anda bisa menyetting kamera dengan bantuan aperture lebar dan focal distance yang pendek, sehingga akan membuat hasil foto terlihat bagus layaknya jepretan kamera DSLR. Untuk lebih memudahkan, anda juga harus menggunakan setting mode aperture priority.

Namun aplikasi ini hanya terdapat untuk beberapa kamera saku untuk kelas premium saja. Apabila anda tidak memiliki mode tersebut, anda bisa memotret dengan menggunakan metode portrait atau metode macro. Anda pun bisa mendapatkan foto yang bagus jika menggunakan metode pengambilan gambar tersebut. Kualitas gambar pun akan setara dengan hasil gambar yang diambil dengan bantuan kamera DSLR yang menawan.

  1. Jangan Menggunakan Lampu Kilat

Saat anda hendak mengambil gambar dengan kamera saku, wajib hukumnya untuk mematikan lampu flash. Cara foto kamera saku ini akan membuat foto terlihat bagus dan ciamik. Sebaiknya anda mencari lokasi pemotretan yang memiliki cahaya yang cukup terang. Apabila terpaksa memotret di dalam ruangan, maka anda bisa mencari ruangan yang memiliki cukup cahaya.

Meskipun cahaya dalam ruangan minim, anda bisa menggunakan tripod agar kamera bisa memotret dengan stabil. Sehingga hasil foto yang dibidik menggunakan kamera saku juga akan terlihat dengan jelas. Namun apabila anda mengambil foto di luar ruangan, jangan sekali kali menggunakan flash kamera karena akan membuat foto terlihat tidak bagus. Penggunaan flash pada kamera hanya boleh digunakan pada ruangan saja.

  1. Mengatur Jarak Subyek dengan Background

Saat anda mengambil gambar dengan kamera saku, ada baiknya anda memilih subjek foto yang memiliki tekstur atau kontras yang cukup. Hal ini bertujuan agar anda bisa mengunci fokus dengan cepat dan mudah saat pengambilan gambar. Apalagi jika anda mengambil beberapa objek yang bergerak gerak seperti hewan yang berlari, aktivitas olahraga ataupun anak kecil yang berlari.

Penting sekali untuk mengatur subyek dan background saat pengambilan kamera tersebut. Cara foto kamera saku dengan teknik ini akan membuat foto terlihat bokeh dan berbeda dari biasanya. Pengaturan subjek dan background juga akan membuat fokus utama pada foto terlihat lebih jelas.

  1. Menggunakan Low Angel

Perlu anda ketahui kamera saku adalah rajanya low angle yang bisa digunakan untuk mengambil foto dengan sudut rendah sekali. Pengambilan foto dengan low angle akan memberikan efek yang berbeda. Sehingga hasil yang didapatkan dari kamera saku ini akan terlihat lebih natural dan tidak kalah bagus dengan hasil jepretan dari kamera DSLR.

  1. Memilih Backgorund yang Tidak Memiliki Pantulan

Agar objek pada kamera anda tidak terganggu, anda bisa memilih backgorund yang tidak menghasilkan pantulan yang beresiko menyebabkan terganggunya objek utama dalam foto. Hal ini juga berguna untuk memaksimalkan hasil foto. Apabila anda memilih background yang mencolok maka objek utama dalam foto maka kabur. Cara foto kamera saku akan akan mempengaruhi fokus dalam foto yang dihasilkan.

Berbeda jika anda memilih background yang tidak memiliki warna yang mencolok, maka fokus foto yang dihasilkan tidak akan menjadi ganda. Anda juga harus menghindari dari background yang terbuat dari kaca atau logam, karena akan berdampak pada pantulan cahaya dari benda benda tersebut dan membuat hasil gambar tidak terlihat menawan dan mencolok.

  1. Manfaatkan Optical Zoom

Efek bokeh adalah efek yang dihasilkan dengan blur pada daerah yang diluar fokus pada foto. Sehingga akan menghasilkan foto yang bagus dan menjadikan objek utama menjadi perhatian pada hasil gambar tersebut. Agar efek ini bisa menjadi maksimal, anda bisa memegang kamera dengan stabil dan sedekat mungkin dengan objek. Anda juga bisa menggunakan bantuan optical zoom agar efek bokeh bisa terlihat dengan jelas.

  1. Memanfaatkan Exposure

Banyak sekali kamera saku yang sudah dilengkapi dengan pengukuran cahaya center wighted spot maupun matrix matering. Pengukuran matrix akan bekerja dengan bagi pada sebagian besar kondisi pencahayaan. Matering sendiri sangat dibutuhkan untuk mendapatkan exposure yang tepat berkenaan dengan jumlah cahaya yang dibutuhkan untuk merekam gambar.

Cara foto kamera saku dengan mengatur mode pemotretan otomatis yang bisa dipilih melalui beberapa cara. Misalnya aperture yang akan menentukan diafragma sedang kamera otomatis, shutter speed yang akan menentukan bukaan diafragma yang dibutuhkan, dan program otomatis yang akan menentukan pengaturan bukaan diafragma yang dibutuhkan.

Hampir sama dengan beberapa mode kamera exposure yang baik, namun dalam beberapa kondisi khusus akan membutuhkan kompensasi exposure yang memungkinkan menambah atau mengurangi jumlah cahaya yang masuk pada kamera. Matering bisa tertipu sehingga anda harus melakukan kendali. Fitur kompensasi exposure termasuk pada mode manual sudah lumrah pada kamera saku.

  1. Banyak Melakukan Latihan Memotret

Pixabay.com

Untuk bisa menguasai beberapa teknik yang sudah dijelaskan, anda juga harus sering untuk melakukan latihan pengambilan gambar secara rutin. Dengan sering melakukan latihan untuk mengambil gambar menggunakan kamera saku, maka anda akan lebih mengenal kamera saku anda. Selain itu anda juga menguasai penggunaan teknik yang tepat untuk mengambil gambar.

Cara foto kamera saku dengan sering berlatih juga akan membuat anda bisa mengatur banyaknya cahaya yang masuk dalam gambar. Banyak megambil gambar juga akan membantu untuk mengasah kemampuan sehingga akan menunjukkan perkembangan. Anda bisa melakukan evaluasi untuk setiap gambar yang telah diambil menggunakan kamera saku.

Dengan mengetahui teknik yang benar dalam pengambilan gambar menggunakan kamera saku, maka foto anda tidak akan kalah menarik dengan gambar yang dihasilkan pada kamera DSLR. Anda bisa menggunakan beberapa teknik seperti tidak menggunakan flash dan mengatur background dengan benar, sehingga membuat foto terlihat lebih menarik. Anda bisa menggunakan canon camera manual untuk menghasilkan foto yang bagus.