Thursday, November 26

Cara Diet Ibu Menyusui

Ibu menyusui membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar ketersediaan ASI tetap lancar. Oleh karena itu, kebutuhan nutrisi ibu menyusui harus dipenuhi. Meski begitu, ibu menyusui tetap dapat melakukan diet selama diet yang dilakukan tidak asal. Berikut ini cara diet ibu menyusui yang tepat.

  1. Sering menyusui

Bagi ibu yang memiliki bayi, sering menyusui dan memberikan ASI eksklusif kepada si kecil adalah cara diet yang paling aman. Selain dapat melancarkan ASI, sering memberikan ASI kepada bayi juga dapat menurunkan berat badan alami setiap bulannya yaitu sekitar 0,6 – 0,8 kilogram karena sama saja seperti ibu memberikan lemak dari ASI kepada bayi.

  1. Penuhi kebutuhan cairan

Saat menyusui, ibu membutuhkan setidaknya enam belas gelas cairan setiap harinya, baik dari air mineral, maupun makanan seperti sayuran dan buah. Jika kebutuhan cairan ibu menyusui tidak terpenuhi, ibu akan merasa dehidrasi dan kelelahan berlebih. Ini karena air sangat diperlukan untuk memperlancar metabolisme tubuh termasuk bagi ibu menyusui.

  1. Makan teratur dengan porsi cukup

Cara diet ibu menyusui yang tepat adalah dengan makan teratur dengan porsi yang cukup (tidak terlalu banyak atau porsi kecil, tapi intensitasnya sering). Makanan yang dikonsumsi sebaiknya merupakan makanan yang sehat dan mengandung banyak nutrisi. Ini karena kecukupan nutrisi yang diperoleh dari makanan sangat memengaruhi produksi ASI.

  1. Hindari alkohol dan kafein

Alkohol dan kafein adalah zat yang harus dihindari ibu menyusui. Ini karena kedua hal tersebut dapat membahayakan bayi, contohnya alkohol yang dapat menyebabkan gangguan produksi ASI. Namun, jika ibu sangat menyukai minuman yang mengandung kafein seperti cokelat, kopi, teh, dan soda, Anda perlu memperhatikan takarannya.

  1. Olahraga

Ibu menyusui dianjurkan untuk berolahraga secara teratur. Selain dapat membantu dalam proses diet atau menurunkan badan, olahraga juga dapat memperkuat otot. Dengan melakukan olahraga secara teratur, ibu menyusui akan mendapatkan tubuh yang lebih padat dan proporsional sehingga tubuh ibu pascamelahirkan pun menjadi lebih bugar.