Monday, September 28

Cara Bermain Game PS2 di Android

 

Jika dahulu bermain game membutuhkan perangkat khusus seperti PlayStation, Nintendo dan lain sebagainya, kini game dapat dimainkan di perangkat android. Bahkan untuk game PS2 sekalipun yang seharusnya hanya bisa diakses dengan perangkat PS2, kini dapat dimainkan di android. Cara bermain game PS2 di android adalah dengan memasang emulator pada perangkat android.

  1. RetroArch

RetroArch merupakan emulator multifungsi yang memungkinkan pengunanya dapat memainkan game dari konsol klasik selain game PS2. Sebelum dapat memainkan game PS2 di perangkat android, Anda harus mendownload emulator PS2 RetroArch terlebih dahulu. Setelah itu, download file ISO dari game yang ingin dimainkan di perangkat android.

Jika emulator sudah diinstall, buka aplikasi RetroArch. Pilih opsi Load Core pada menu utama kemudian pilih Download a Core. Setelah itu, scroll layar android ke bawah untuk menemukan opsi Sony – PlayStation 2 (Play!). Jika sudah ketemu, tap opsi tersebut, tunggu hingga proses download-nya selesai.

Setelah proses download selesai, kembalilah ke layar utama dengan tap ikon Back. Pilih Load Core dan pilih Sony – Playstation 2 (Play!). Langkahini akan mengembalikan Anda ke layar utama. Setelah itu, tap Load Content serta navigasi ke folder tempat game disimpan. Tap game yang diinginkan untuk mulai memainkan game PS2 di perangkat android.

Jika ingin keluar dari permainan, tap ikon maskot RetroArch yang terletak di bagian tengah atas layar untuk membuka menu. Pilih Close Content untuk menghentikan permainan.

  1. Play!

Play! Merupakan salah satu emulator PS2 yang paling ringan dan mudah digunakan. Walau ringan dan mudah digunakan, Play! Termasuk emulator PS2 yang terbaik sehingga Anda dapat bermain game PS2 di android dengan mudah.

Untuk memainkan game PS2 di android, Anda harus mengunduh Play! terlebih dahulu kemudian install. Setelah itu, downloads file ISO dari game yang ingin dimainkan. Ekstrak file ISO terlebih dahulu jika masih dalam bentuk .zip. Jika sudah, buka aplikasi Play! kemudian tap ikon menu di sebelah kiri atas yang berupa garis-garis horisontal.

Setelah itu, lihat daftar game yang ada di perangkat android dengan memilih menu Unsorted. Apabila game-nya tidak nampak, tap ikon Menu, pilih settings kemudian UI Settings. Selanjutnya, pilih Rescan Storage. Jika game sudah nampak di layar Unsorted pilih game yang telah dimainkan ke perangkat android. Abaikan file BIOS untuk PS2 dengan nama SLUS-XXXXX.

Tunggu terlebih dahulu hingga proses loading selesai. Setelah proses loading selesai, Anda sudah bisa memainkan berbagai game PS2 di perangkat android. Jika ingin keluar dari permainan, Anda harus menekan menu Exit yang dapat ditemukan dengan cara swipe kanan layar.

  1. Demon PS2

Selain RetroArch dan Play!, ada lagi emulator PS2 yang dapat digunakan. Salah satunya adalah Demon PS2. Emulator PS2 ini hadir dalam dua versi, yaitu versi gratis atau Free dan versi berbayar atau Pro. Biaya langganan Demon PS2 Pro adalah Rp 139.000,00. walau berbayar, aplikasi ini banyak digunakan karena memiliki beberapa fitur menarik.

Beberapa fitur menarik yang dapat dijumpai di Demon PS2 Pro adalah Frame Drop, Cheat, serta kualitas grafis yang menarik. Dibanding versi Pro, versi gratis Demon PS2 memiliki beberapa kekurangan. Walau begitu, dari segi fungsi bermain game, perbedaan keduanya tidak terlalu nyata karena tampilan tema dan beberapa fiturnya sama.

  1. PPSSPP

PPSSPP merupakan emulator PS2 yang juga cukup populer dibanding ketiga emulator yang telah disebutkan. PPSSPP menawarkan berbagai fitur yang menarik dan dapat diandalkan untuk bermain game PS2 di perangkat android. Aplikasi ini dapat dinikmati secara gratis, tetapi tetap saja versi gratisnya memiliki kekurangan.

Jika ingin merasakan versi lengkapnya, Anda dapat melakukan upgrade terhadap apllikasi ini ke versi berbayar, yaitu PPSSPP Gold. Harga yang harus dibayarkan untuk melakukan upgrade terbilang murah, yaitu Rp 19.000,00. Namun, jika Anda ingin menggunakan PPSSPP Gold tanpa membayar, menggunakan pihak ketiga dapat menjadi pilihan.

Adanya emulator PS2 memang sangat membantu siapa saja yang ingin bermain PS2 di perangkat Android. Namun, Anda harus memastikan bahwa perangkat android yang akan digunakan untuk memainkan game PS2 memiliki spesifikasi yang mendukung dan cukup memadai.

Hal ini sangat penting karena spesifikasi perangkat android sangat berpengaruh terhadap kelancaran permainan. Jika Anda ingin memainkan game PS2 di perangkat android, perangkat tersebut harus memiliki RAM setidaknya 2 GB agar kinerjanya memadai dan terasa nyaman saat digunakan untuk gaming.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang tata cara bermain game PS2 di android, Anda dapat mengunjungi segitekno.com. Situs segitekno.com akan memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan baik terkait gaming maupun informasi teknologi yang lain.