Saturday, November 26

Cara Belajar Membaca Bahasa Inggris

Sebagai bahasa yang diakui sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris juga diajarkandi Indonesia. Kemampuan bahasa Inggris dapat dinilai dari beberapa aspek, salah satunya adalah reading yang menilai pemahaman seseorang dalam membaca teks berbahasa Inggris.

Agar dapat memahami teks berbahasa Inggris dengan baik, ada cara belajar membaca bahasa Inggris yang dapat dilakukan, yaitu sebagai berikut:

  1. Perbanyak kosakata

Kosakata adalah unsur penting dalam bahasa. Lebih tepatnya unsur terkecil dalam bahasa karena frasa, kalimat, bahkan paragraf tidak dapat terbentuk tanpa adanya kosakata. Oleh karena itulah saat mempelajari bahasa manapun, Anda harus memulainya dengan kosakata.

Dengan mempelajari serta memperbanyak kosakata bahasa Inggris, Anda pun akan tahu apa yang Anda baca.

Cara memperbanyak kosakata yang paling efektif adalah dengan membaca. Kemudian, saat Anda menemukan kosakata yang tidak diketahui, catat kosakata tersebut kemudian gunakan kamus untuk mengetahui artinya.

  1. Tidak mengartikan setiap kata

Meski kosakata adalah unsur penting yang membuat suatu bacaan memiliki arti, Anda tidak dianjurkan untuk mengartikan setiap kosakata saat membaca teks berbahasa Inggris. pasalnya, menerjemahkan setiap kosakata bahasa Inggris ke bahasa Indonesia memakan banyak waktu.

Padahal, waktu yang diberikan untuk mengerjakan sesi reading pada ujian bahasa Inggris sangat terbatas. Apabila Anda menerjemahkan setiap kosakata pada teks, maka Anda tidak akan sempat mengerjakan semua soal pada sesi reading.

Oleh karena itulah Anda perlu belajar membaca cepat dengan mencari kosakata penting yang dapat memberitahu Anda tentang isi teks yang dibaca.

  1. Menggunakan petunjuk konteks

Meski tidak menerjemahkan setiap kosakata, Anda masih dapat memahami teks bahasa Inggris dengan menggunakan petunjuk konteks, bahkan ketika Anda tidak benar-benar mengerti beberapa kata yang ada di dalam teks tersebut.

Misalnya ketika Anda menemukan kosakata bahasa Inggris yang bersifat homonim, yaitu kata yang tulisannya sama namun memiliki makna yang berbeda. Contohnya adalah kata “blue” yang dapat berarti warna biru atau perasaan sedih. Dengan melihat petunjuk konteks, Anda pun akan tahu tentang makna blue yang dimaksud pada teks.

  1. Pecah kalimat menjadi bagian-bagian kecil

Ketika Anda menemukan kalimat yang panjang di dalam teks, kemungkinan kalimat tersebut merupakan kalimat majemuk sehingga Anda dapat merasa kesulitan dan bingung untuk memahaminya.

Saat hal itu terjadi, Anda disarankan untuk memecah kalimat tersebut menjadi bagian-bagian kecil, baik dengan menggunakan koma, gagasan atau ide. Jika perlu, tulis setiap bagiannya dengan bahasa sendiri yang lebih sederhana dan lebih mudah dipahami.

Dengan begitu, Anda pun akan dapat memahami kalimat panjang yang semula tampak rumit.

  1. Cari kata dan ide yang berkaitan

Cara belajar membaca bahasa Inggris berikutnya adalah dengan mencari kata serta ide yang berkaitan di dalam teks. Dalam suatu teks, kata yang menggambarkan ide pokok biasanya akan diulang. Oleh karena itulah Anda akan dapat memahami seluruh teks dengan mengikuti kata tersebut.

Namun, ada kalanya kata yang menjadi ide pokok teks tidak diulang. Saat hal itu terjadi, Anda sebaiknya mengikuti kata dalam huruf miring, kata dalam huruf tebal, maupun dialog di antara tanda petik.

Belajarbahasa Inggris secara otodidak memang dapat dilakukan, namun Anda juga dapat mengambil kursus bahasa Inggris di jakarta barat. Pasalnya, mengikuti kursus bahasa inggris di jakarta barat akan membantu Anda menciptakan iklim belajar yang cocok.