Wednesday, August 12

Cara Agar Anak 2 Tahun Mau Minum Susu Formula

Pada awal kehidupan bayi, nutrisi yang diperoleh hanya berasal dari ASI yang diberikan oleh Ibunya. Oleh sebab itu, pola makan dan asupan ibu menyusui harus diperhatikan dengan baik agar kebutuhan nutrisi anak dapat tercukupi dengan baik. Pemberian ASI pada umunnya berlangsung selama kurang lebih 2 tahun, terutama pada anak berusia 1-6 bulan. Meski ASI dinilai lebih banyak memberikan manfaat terhadap tumbuh kembang bayi, namun seiring berjalannya waktu ketika anak menginjak usia 2 tahun maka pemberian ASI harus segera dihentikan dan diganti dengan susu formula. Pergantian ini lah yang kerap menimbukan masalah, hal ini disebabkan kebanyakan anak tidak mau berganti dari ASI menuju minuman susu formula. Dengan kata lain, proses peralihan ASI ke susu formula juga cukup sulit. Oleh sebab itu, di bawah ini terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan agar bayi berusia 2 tahun mau mengonsumsi susu formula. Berikut ialah beberapa diantaranya:

  1. Memahami apa penyebabnya, setelah Anda mengetahui apa penyebabnya maka cara selanjutnya yang bisa dilakukan bisa berjalan secara efektif. Adapun beberapa penyebab yang kerap muncul ialah anak masih suka dengan ASI atau kurang suka dengan varian rasa susu formula, pengalaman buruk meminum susu formula dan terlalu kenyang mengonsumsi makanan lainnya sehingga tidak tertarik lagi dengan susu formula.
  2. Cara selanjutnya yang bisa dilakukan agar anak mau meminum susu formula ialah menghentikan pemberian ASI secara total sehingga susu formula menjadi satu-satunya minuman susu yang ia konsumsi. Jangan sekali-kali memberikan ASI jika memang sudah berniat untuk dihentikan, walaupun anak menangis sekalipun.
  3. Memberikan susu menggunakan sendok, cara ini dinilai cukup ampuh untuk anak dalam masa peralihan ASI ke formula. Anak akan mengira bahwa ia diberi suatu makanan tertentu atau bukan susu sehingga ia akan mau memakannya. Lama-kelamaan mereka akan terbiasa sehingga Anda bisa berganti menggunakan tempat minum susu yang sebenarnya.

Itulah 3 cara yang bisa Anda lakukan sebagai usaha untuk merayu anak agar mau meminum susu formula sebagai pengganti ASI.