Thursday, June 24

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi Susu Instan? Yuk Simak Faktanya Berikut!

Kopi kemasan memiliki kandungan yang kurang menguntungkan bagi ibu menyusui dan bayinya. Sekali pun kopi instan tersebut mengandung susu, namun busui perlu mempertimbangkan untuk meminumnya. Lalu sebenarnya bolehkah ibu menyusui minum kopi susu instan? Jika anda penasaran, yuk simak penjelasan berikut.

Boleh atau Tidak Ibu Menyusui Mengonsumsi Kopi Susu Instan?

Sebenarnya kopi instan yang mengandung susu tidak dianjurkan untuk ibu menyusui. Pasalnya, kopi susu tersebut mengandung bahan bahan yang cukup berbahaya jika dikonsumsi secara terus menerus oleh ibu yang sedang menyusui. Dalam kandungan satu sachet kopi instan terdapat bahan pengawet, pengental, dan perisa.

Padahal ketika ibu sedang dalam masa menyusui sangat membutuhkan makanan yang sehat dan bernutrisi untuk bayinya. Hal tersebut sangat penting sebagai perangsang produksi ASI, sehingga bayi tidak kekurangan untuk menyerap kandungan air susu ibu. Sedangkan, di dalam kopi susu instan terdapat kandungan kafein yang bisa mempengaruhi kualitas ASI.

Ketika ibu mengonsumsi kandungan tersebut, maka akan mengurangi nutrisi yang masuk ke dalam ASI. Sehingga bayi tidak akan cukup mendapatkan makanan utamanya untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Selain itu, konsumsi kopi susu instan berlebihan akan mempengaruhi tumbuh kembang badan si kecil yang masih rentan.

Masih banyak perdebatan di masyarakat mengenai ibu menyusui mengonsumsi kopi susu instan. Namun, ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa ibu menyusui masih diperbolehkan minum kopi selama tidak terlalu berlebihan. Meskipun begitu, anda harus memahami lebih lanjut mengenai informasi mengonsumsi kopi, termasuk dampaknya ke bayi.

Pengaruh Kafein Terhadap Ibu Menyusui dan Bayinya yang Harus Diketahui

Ketika Ibu menyusui meminum kopi yang mengandung kafein, maka ASI yang diproduksi juga akan memiliki unsur tersebut. Tubuh bayi masih belum bisa memecah kafein seperti tubuh orang dewasa, sebab hati dan ginjalnya masih belum berkembang dengan sempurna. Akibatnya, kafein akan menumpuk pada tubuh bayi yang menyebabkan sulit tidur dan rewel.

Minum kopi terlalu banyak akan menimbulkan efek samping pada ibu. Mulai dari gelisah, cemas, jantung berdebar debar, mual, nyeri ulu hati, hingga naiknya tekanan darah. Kebiasaan meminum kopi dengan batasan yang tidak jelas dapat memengaruhi bayi menjadi gelisah karena mendapat stimulasi dari kafein secara berlebih.

Jika anda masih mempertanyakan bolehkah ibu menyusui minum kopi susu instan? Jawabannya lebih baik untuk dihindari. Apalagi bagi ibu menyusui yang mengidap gangguan peredaran darah. Hal ini dikarenakan kafein dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, sehingga akan membuat proses menyusui menyakitkan bagi ibu.

Meskipun beberapa penelitian memperbolehkan untuk minum kopi instan yang mengandung susu, namun jangan sampai mengonsumsinya secara berlebihan. Pasalnya, sang buah hati masih perlu nutrisi yang baik dari ASI ibu. Selain itu, ingatlah bahwa penting untuk mengatur pola makan yang bergizi selama menyusui demi kesehatan ibu dan bayi.