Thursday, November 26

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Jengkol Mentah? Aman atau Berbahaya?

Tidak ada larangan khusus untuk mengonsumsi jengkol secara matang atau mentah bagi ibu menyusui. Masih banyak juga ibu yang menyusui secara eksklusif yang mengonsumsinya. Namun masih sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi yang mendukung nutrisi ASI untuk sang buah hati. Lalu bolehkah ibu menyusui makan jengkol mentah? Belum ada penelitian secara medis yang menyatakan jengkol berbahaya, namun masih ditemukan kasus dimana mengkonsumsi jengkol akan membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh terutama bagi ibu yang mempunyai pencernaan sensitif. Mari simak informasi dibawah ini!
Fakta Menarik Jengkol Mentah Bagi Ibu Menyusui
1. Mengenal Jengkol
Jengkol adalah makanan primadona bagi sebagaian besar orang terutama daerah Jawa. Jenis makanan ini memiliki rasa dan bau yang khas dan menyengat, buahnya berbentuk gepeng berwarna lembayung tua. Jengkol memiliki manfaat yang cukup baik bagi kesehatan, namun disisi lain juga memiliki dampak yang buruk.
Berdasarkan penelitian, jengkol mengandung karbohidrat, minyak astiri, protein, vitamin A, vitamin B, alkaloid, glikosida, saponim dan steroid. Kandungan nutrisi tersebut akan menunjang kesehatan bagi tubuh ibu. Meskipun memiliki segudang manfaat, jengkol hadir membawa efek samping yang berbahaya yaitu dapat membuat keracunan jika dikonsumsi secara berlebih dan cara yang tidak tepat.
2. Manfaat Jengkol
Kandungan jengkol sudah dijelaskan diatas dimana jengkol memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan. Berikut manfaat mengonsumsi jengkol bagi tubuh:
– Antioksidan tinggi
– Mencegah diabetes
– Terhindar dari ganguan pencernaan
– Mencegah anemia
– Mengontrol tekanan darah
– Mengontrol gula darah
– Menjaga kesehatan jantung
– Membantu menurunkan berat badan

3. Bolehkah Ibu Menyusui Makan Jengkol Mentah?
Sejauh ini belum ada penelitian medis yang menyatakan bahwa mengonsumsi jengkol mentah maupun masak berbahaya selagi masih dalam jumlah yang normal. Meskipun tidak menjadi pantangan, namun untuk ibu menyusui sangat dianjurkan untuk makan-makanan yang bergizi untuk menghindari resiko buruk yang terjadi karena akan berpengaruh pada jumlah produksi ASI.
Itulah penjelasan mengenai jengkol dan aman tidaknya dikonsumsi untuk ibu menyusui. Semoga bermanfaat! Dan pilihlah makanan yang dikonsumsi secara bijak!.