Thursday, November 26

Bolehkah Ibu Hamil Makan Makanan Fermentasi

Pada masa mengandung, ibu hamil tentunya harus mengatur asupan makan yang dikonsumsi. Kira-kira bolehkah ibu hamil makan makanan fermentasi? Memang, beberapa makanan harus dihindari dan beberapa lainnya harus ditambah guna memenuhi kebutuhan gizi untuk tumbuh kembang janin yaa?

Lalu bolehkah ibu hamil makan makanan fermentasi? Pada masa kehamilan, memang banyak terjadi perubahan dalam diri. Aktivitas yang dilakukan ibu hamil serta konsumsi makan dan minuman memang harus dipilih dengan berhati-hati. Sebab hal tersebut bisa berdampak terhadap kondisi janin yang ada di dalam kandungan.

Belum ada fakta yang melarang ibu hamil makan makanan fermentasi, akan tetapi Anda juga harus waspada ketika ingin memilih makanan untuk dikonsumsi. Memilih makanan fermentasi yang bermanfaat juga membantu tumbuh dan berkembangnya janin menjadi lebih baik. Makanan fermentasi yang dianjurkan oleh dokter salah satu contohnya yogurt.

Makanan fermentasi dibuat dengan ragi yang mengandung bakteri baik, akan tetapi beberapa ibu hamil malah tidak berani untuk mengonsumsinya sebab ada pertimbangan resiko yang buruk terhadap janin.

Manfaat makan makanan fermentasi untuk ibu hamil adalah sebagai berikut.

  1. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Makanan fermentasi mengandung bakteri lactobacillus rhamnosus. Bakteri ini berperan untuk mnyerap racun yang bisa menyerang sistem pencernaan dan bisa membantu mengurangi masalah diare saat mengandung yang dapat memicu adanya kontraksi dini.

  1. Membantu menjaga kesehatan usus pada ibu hamil.

Pada masa kehamilan, biasanya ibu hamil mempunyai sistem pencernaan yang lambat akibat masalah hormon kehamilan. Apabila ibu hamil mengonsumsi makanan fermentasi dalam jumlah yang sedang maka usus akan bekerja lebih baik.

  1. Membantu mengurangi resiko alergi pada janin.

Apabila mengonsumsi makanan yang sudah difermentasi bisa membantu mengurangi masalah alergi pada bayi pada saat sudah lahir nanti.

Adapun beberapa resiko yang bisa dialami oleh ibu hamil jika terlalu namyak mengonsumsi makanan fermentasi yaitu keguguran dan kelainan janin, keracunan bakteri. Demikianlah ulasan tentang bolehkah ibu hamil makan makanan fermentasi.