Thursday, November 26

Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa Menjelang Persalinan, Berikut Ulasannya

Semua ibu hamil pastinya ingin menjalani proses kehamilan yang sehat. Sehingga, untuk mewujudkannya akan dilakukan berbagai hal, seperti menjaga asupan nutrisi, menjaga waktu istirahat, konsultasi rutin dengan dokter, dan banyak hal lainnya. Namun, kerap muncul pertanyaan mengenai bolehkah ibu hamil berpuasa menjelang persalinan. Agar anda lebih tahu, yuk simak ulasan berikut ini.

Berpuasa Menjelang Persalinan

Pada umumnya, puasa yang dijalani oleh ibu hamil tidak menimbulkan pengaruh yang besar dalam perkembangan janin secara keseluruhan, baik ukuran, berat, maupun bentuk. Kendati begitu, meski diperbolehkan tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil terkait menjalani puasa. Dimana, salah satu hal yang harus dipersiapkan adalah kondisi fisik dan ada tidaknya resiko bahaya yang mungkin terjadi.

Oleh karena itu, akan lebih baik lagi jika anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum memutuskan untuk menjalani puasa. Selain itu, anda juga harus memperhatikan beberapa syarat lainnya, seperti harus mampu memenuhi kebutuhan nutrisi saat sahur dan berbuka, tidak mengalami kondisi cacat fisik maupun gangguan kehamilan, memiliki kondisi fisik dan mental yang siap untuk puasa, dan dalam trimester aman.

Mengenai adanya pertanyaan bolehkah ibu hamil berpuasa menjelang persalinan, umumnya berkaitan dengan trimester kehamilan. Perlu diketahui, bahwa ibu hamil diperbolehkan untuk menjalani puasa apabila saat berada di trimester yang tidak berbahaya. Ketika anda menjelang persalinan, tentunya sudah memasuki trimester akhir.

Apabila anda memaksakan diri untuk berpuasa pada fase ketiga akhir ini, akan menimbulkan resiko buah hati anda terlahir prematur atau tidak memiliki berat badan yang ideal. Karena terdapat resiko yang cukup berbahaya tersebut, ada baiknya agar anda tidak memaksakan diri untuk menjalankan ibada puasa menjelang proses melahirkan. Kendati begitu, anda tidak dilarang apabila telah mempertimbangkan berbagai hal lainnya.

Tips Menjalani Puasa Bagi Ibu Hamil

Seperti yang telah diketahui, menjalankan ibada puasa menjelang melahirkan memang diperbolehkan. Namun, ada beberapa hal yang yang harus dipenuhi oleh ibu hamil, lantaran di trimester akhir tersebut cenderung lebih berbahaya. Ada beberapa tips yang harus anda lakukan agar bisa menjalankan puasa di fase tersebut. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah pastikan jika anda berada di kondisi baik dan tidak ada keluhan.

Selain itu, anda juga harus tetap memenuhi kebutuhan nutrisi, baik saat sahur maupun berbuka puasa. Dalam hal ini, anda dapat mengkonsumsi vitamin maupun suplemen makanan yang bisa membantu mencukupi gizi selama berpuasa. Tak hanya itu, usahakan pula untuk membatasi asupan gula, karena hal tersebut akan menimbulkan masalah buruk pada fisik ibu hamil.

Pada dasarnya, ibu hamil diperbolehkan menjalankan puasa, asalkan kondisi fisik memungkinkan dan tidak memiliki resiko bahaya lainnya. Terdapat pula beberapa tips yang biasa anda jadikan pedoman, apabila ingin menjalankan ibada puasa di tengah mengandung. Namun, adanya resiko yang cukup bahaya saat puasa menjelang persalinan, maka ada baiknya agar ibu tidak memaksakan diri.