Monday, November 23

Bolehkah Bayi Baru Lahir Tidur Miring Secara Terus Menerus?

Posisi tidur miring merupakan salah satu kebiasaan yang banyak dikakuakan oleh orang dewasa pada umumnya karena hal ini dinilai memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan. Berbeda dengan bayi yang baru saja lahir, kebiasaan ini justru tidak disarankan atau tidak diperbolehkan untuk dilakukan. Hal ini tentunya dikarenakan oleh beberapa faktor yang nantinya dapat mempengaruhi kesehatan si kecil. Oleh sebab itu, sebagai seorang ibu yang memiliki anak bayi, Anda layaknya mengawasi pola dan posisi tidur si kecil, mengingat tidak menutup kemungkinan berbagai posisi seperti misalnya miring dan tengkurap bisa terjadi.

Pada umumnya bayi akan menghabiskan banyak waktunya untuk tidur, terlebih pada bayi yang baru saja lahir dan belum banyak melakukan aktivitas. Sampai berumur 7 bulan bayi masih menghabiskan kurang lebih 12-14 jam waktu tidur dalam seharinya. Mengenai posisi tidur miring pada bayi sangar tidak disarankan karena dapat meningkatkan resiko kematian bayi saat tidur atau sindrome kematian bayi tidur yang sudah banyak terjadi pada saat ini. Posisi miring atau tengkurap bisa mengakibatkan bayi kesulitan bernpas karena saluran pernapasan secara otomatis akan menyempit atau terhalang. Oleh sebab itu, bayi sangat tidak disarankan untuk tidur dalam posisi miring ataupun tengkurap sehingga Anda harus mengembalikan posisi tidur bayi agar terlentang kembali ketika menemui si kecil telah merubah posisi tidurnya.

Anda harus memastikan posisi tidur bayi secara terlentang selama kurang lebih 1 tahun. Hal ini dilakukan demi kebaikan dan kelancaran kinerja organ dalamnya. Mengenai cara pencegahan agar bayi tidak mudah tidur miring ialah membiasakan membedongnya sejak bayi baru saja dilahirkan sampai kurang lebih berusia 3 bulan. Meski demikian, ikatan kain yang digunakan juga tidak boleh terlalu ketat atau terlalu erat agar tidak menimbulkan rasa sakit dan rasa tidak nyaman pada bagian bawah tubuh si kecil, terutama kaki. Berdasarkan sedikit ulasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa tidur miring sangatlah berbahaya jika dilakukan pada bayi di bawah 1 tahun, terlebih pada bayi yang baru saja lahir.