Friday, March 5

Jenis Paket dan Biaya Kursus Bahasa Inggris

Sebelum memilih tempat kursus, salah satu faktor yang penting untuk dipertimbangkan adalah biaya kursus Bahasa Inggris yang tentunya berlainan untuk setiap tempat. Biaya kursus ini tergantung pada lembaga kursus dan jenis paketnya. Biasanya, tempat kursus bahasa Inggris menawarkan berbagai macam paket sehingga Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

Kategori Paket Kursus Bahasa Inggris

Setiap tempat kursus memiliki program belajar atau paket-paket kursus yang berbeda sehingga bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Meskipun berbeda-beda, jenis paket kursus bahasa Inggris dapat dikelompokkan dalam beberapa kategori berdasarkan lamanya waktu belajar, liburan, peserta kursus, tujuan,

1. Berdasarkan Lamanya Waktu Belajar

Berdasarkan lamanya waktu belajar, paket kursus bahasa Inggris sangat bervariasi. Di lembaga-lembaga kursus yang sudah ternama, waktu kursus paling singkat adalah 3 bulan. Namun, di Kampung Inggris, banyak tempat kursus yang menawarkan program lebih singkat, mulai dari 2 minggu, 1 bulan, 2 bulan, hingga 3 bulan.

Meskipun durasinya singkat, pertemuan dilakukan sangat intensif, yaitu 6 kali sehari, 5 hari dalam seminggu. Hal ini bisa dilakukan karena seluruh peserta tinggal di asrama sehingga benar-benar fokus belajar. Biaya yang dikenakan berkisar antara Rp750.000 (paket 2 minggu) sampai Rp3.000,000 (paket 3 bulan).

Selain kelas reguler, ada juga kelas yang dibuka hanya saat liburan dan diadakan selama 1, 2, 3, hingga 4 minggu. Karena merupakan program khusus dan biasanya banyak peminatnya, biaya paket liburan lebih mahal dibanding paket reguler dengan kisaran Rp900 ribu (paket 1 minggu) hingga Rp2,4 juta (paket 1 bulan).

2. Berdasarkan Jenis Peserta

Beberapa lembaga kursus juga membuka kelas atau paket kursus berdasarkan jenis peserta yang menjadi target, misalnya kelas khusus siswa (SD/SMP/SMA), mahasiswa, guru, dosen, karyawan, dan kelas umum. Materi yang diberikan tentunya disesuaikan dengan jenis pesertanya. Dengan memilih paket ini, Anda bisa mendapatkan materi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

3. Berdasarkan Tujuan Kursus

Setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda ketika memutuskan untuk mengikuti kursus bahasa Inggris. Berikut ini beberapa paket kursus bahasa Inggris berdasarkan tujuan para pesertanya dalam mengikuti kursus.

  • Kelas Conversation: untuk Anda yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris secara aktif (percakapan). Untuk kelas ini, sebaiknya Anda memilih tempat kursus yang pengajarnya merupakan native speaker.
  • Kelas TOEFL/IELTS Preparation: untuk Anda yang hendak mengikuti tes TOEFL/IELTS untuk berbagai keperluan.

 

  • Kelas Beasiswa: untuk Anda yang hendak mengajukan permohonan beasiswa ke luar negeri baik dari lembaga pemerintah maupun swasta yang biasanya salah satu syaratnya adalah mengikuti wawancara dalam bahasa Inggris. Kelas ini juga bisa diikuti oleh Anda yang hendak melanjutkan studi di luar negeri atas biaya sendiri atau bekerja di luar negeri.

4. Berdasarkan Jumlah Peserta

Berdasarkan jumlah peserta kursus di setiap kelas, lembaga kursus biasanya menyediakan kelas umum dan privat kelompok (semi privat). Di kelas umum, jumlah peserta kursusnya biasanya lebih dari 10 orang, sedangkan untuk kelas privat kelompok atau semi privat jumlah peserta maksimal adalah 3-5 orang.

Perbedaan jumlah peserta ini juga memengaruhi biaya kursus. Biaya kursus kelas umum/reguler lebih murah dibandingkan dengan kelas privat/ semi privat. Hal ini disebabkan kelas privat/ semi privat memiliki banyak kelebihan, seperti waktu belajar bisa ditentukan sendiri, penyampaian materi lebih fokus sehingga lebih mudah dipahami, dan peserta memiliki kesempatan bertanya lebih banyak.

5. Berdasarkan Media Belajar

Pada umumnya, kursus bahasa Inggris dilakukan secara offline. Peserta dan pengajar bertatap muka secara langsung, baik peserta yang datang ke tempat kursus maupun pengajar yang datang ke rumah peserta. Biaya kursus kelas offline ini bervariasi tergantung jenis kelasnya.

Namun, dengan berkembangnya dunia internet sekarang ini, kursus bahasa Inggris juga bisa dilakukan secara online. Tatap muka antara pengajar dan peserta dilakukan secara virtual melaui media internet. Program kursus online ini biasanya dilakukan selama 2 minggu (10 kali pertemuan) atau 1 bulan (20 kali pertemuan) dengan lama belajar 60 menit/pertemuan. Biayanya berkisar antara Rp350 ribu hingga Rp600 ribu.

Tips Memilih Paket Kursus

Dengan banyaknya pilihan jenis paket dan biaya kursus bahasa Inggris yang ada, Anda mungkin bingung menentukan pilihan. Agar bisa memilih paket yang paling tepat, Anda bisa mempertimbangkan:

  • kemampuan dasar yang sudah dimiliki;
  • waktu yang tersedia;
  • biaya kursus; dan
  • tujuan mengikuti kursus.

Selain memilih paketnya, Anda juga tentu harus mempertimbangkan tempat kursusnya. Jika ingin lebih belajar berbahasa Inggris dengan intensif dan nyaman, tempat-tempat kursus di Kampung Inggris bisa menjadi pilihan.