Monday, September 28

Benda-Benda yang Ada Di Dapur, Siap Bantu Aktivitas Memasak Anda!

Ruangan dapur yang sudah tersedia, belum lengkap tanpa adanya benda-benda yang ada di dapur. Apa saja yang dimiliki dalam dapur? Anda dapat mengetahuinya di sini.

Setelah dapur selesai dibangun, waktunya mengisi dapur dengan berbagai peralatan memasak. Namun dalam mengisikannya, ada saja peralatan yang mungkin tertinggal. Untuk itu, penting membuat list benda-benda yang ada di dapur. Tujuannya, agar tidak ada kesalahan dalam pembelian seluruh perlengkapan dan tidak ada perlengkapan yang terlewat.

Di dapur biasanya terdapat peralatan memasak hingga peralatan makan. Anda harus menyediakannya sesuai jumlah anggota keluarga dan persiapan untuk acara di rumah. Jika dihitung-hitung maka peralatan yang harus disediakan lebih dari anggota keluarga. Sebelum membelinya, apa saja yang harus dipertimbangkan agar pembelian tidak menjadi pemborosan?

5 Tips Belanja Peralatan Dapur

Di dapur tersedia banyak peralatan yang harus dibeli, jika anda belum memilikinya sebelumnya. Untuk membantu dalam pembelian, ikuti tips berikut ini

  1. Konsep Dapur

Dalam pembelian peralatan dapur, pastikan anda telah menyesuaikannya dengan konsep di dapur. Contohnya untuk konsep vintage, pilihlah warna peralatan yang sesuai seperti hitam, mustard ataupun putih. Hal ini berlaku untuk konsep-konsep lain yang diusung di dapur. Semakin tepat pemilihan peralatan, maka semakin hidup kesan yang didapat.

  1. Budget

Budget adalah penentu utama dalam belanja peralatan dapur. Anda tidak boleh memaksakan kehendak untuk membeli peralatan dapur dengan harga tinggi. Karena banyak peralatan dapur yang dapat dibeli dengan harga murah di pasaran. Tidak hanya murah, kualitasnya pun terjaga sehingga dapat dijadikan pilihan untuk menghiasi dapur rumah.

 

  1. Ukuran

Luas ruangan dapur harus menjadi pertimbangan saat memulai belanja peralatan. Pembelian peralatan yang sembarangan dapat menyebabkan kesalahan pembelian peralatan. Tentu hal ini sangat mubazir, sebagai siasatnya ukur terlebih dahulu ruang dapur. Kemudian tentukan berapa besaran peralatan yang akan dibeli.

 

  1. Jumlah Peralatan

Untuk anda yang memiliki anggota keluarga besar, sebaiknya sediakan jumlah peralatan yang ekstra. Karena mungkin saja keluarga akan datang dan bersantap bersama di rumah. Tentu akan memalukan jika akhirnya kekurangan piring atau gelas selama jamuan. Satu yang perlu diingat, bahwa jumlah dan model peralatan harus sesuai satu dengan yang lain.

 

  1. Fungsi

Terakhir, pertanyakan kembali apakah peralatan dapur yang akan dibelajakan dibutuhkan? Jika tidak benar-benar dibutuhkan sebaiknya tinggalkan peralatan dapur tersebut. Nantinya biaya untuk peralatan dapat dimanfaatkan untuk belanja peralatan lainnya. Jadi, tidak ada dana yang terbuang sia-sia, karena nantinya peralatan tidak dapat dimanfaatkan.

7 Benda-Benda yang Ada di Dapur

Lantas, apa saja list benda-benda yang ada di dapur? Tidak perlu menunggu lama, anda akan mengetahui ulasan lengkapnya pada bagian dibawah ini,

  1. Cobek

Anda suka pedas? Pastikan telah menyediakan cobek di rumah. Untuk membuat sebuah makanan pedas dibutuhkan sambal. Dan untuk membuatnya dibutuhkan sambal yang dibuat dari cobek tersebut. Untuk itu, di dapur harus tersedia sebuah cobek yang akan digunakan untuk mengulek cabai. Tidak hanya sambal, cobek juga dapat digunakan untuk meracik aneka bumbu.

 

  1. Kompor

Berencana memasak, belum lengkap rasanya tanpa ada kompor. Kompor merupakan bagian penting dalam dapur. Kompor inilah yang berfungsi sebagai media pembakar bahan mentah menjadi bahan masak. Tanpa kompor rasanya, tidak ada makanan nikmat buatan sendiri yang dapat disantap bersama keluarga.

 

  1. Spatula

Untuk memasak dibutuhkan sebuah sendok, fungsinya untuk menggoreng ataupun menumis. Spatula yang dapat digunakan cukup beragam bahan pembuatnya. Anda dapat menentukan bahan yang akan digunakan, seperti kayu ataupun stainless. Namun untuk lebih amannya, manfaatkanlah spatula dengan bahan kayu.

 

  1. Pisau dan Talenan

Peralatan berikutnya adalah pisau dan talenen. Bahan makanan mentah membutuhkannya untuk memotong bahan yang besar agar lebih kecil. Saat membeli usahakan memilih pisau yang tajam sebagai bukti bahwa pisau terawat. Jika pisau yang didapat kurang tajam, anda dapat merubahnya dengan mengasah atau mencucinya dengan air hangat.

 

  1. Celemek

Untuk mencegah bahan makanan terpapar pada pakaian, anda dapat menggunakan celemek. Celemek digunakan dari proses memotong hingga masakan siap disantap. Ada dua jenis celemek yang dapat digunakan di rumah, yaitu celemek tubuh atau celemek pinggul. Untuk lebih aman, disarankan menggunakan celemek tubuh.

  1. Rice Cooker

Apakah anda masih mengonsumsi nasi di rumah? Jika iya, sediakanlah rice cooker di rumah. Setelah adanya rice cooker, proses memasak nasi tidak lagi membutuhkan waktu panjang. Semuanya dapat dilakukan secara instant dan nasi siap dinikmati. Kini bahkan tersedia rice cooker dengan beragam fitur, sehingga pilihlah rice cooker yang benar-benar sesuai kebutuhan.

  1. Kulkas

Benda penting lainnya adalah menyediakan kulkas di dapur. Kulkas bermanfaat untuk menyimpan berbagai bahan makanan yang akan diolah. Tanpa adanya kulkas, bahan makanan tersebut akan lebih cepat rusak. Akibatnya, bahan tidak lagi dapat diolah menjadi makanan yang diinginkan.

Mana benda yang belum anda miliki? Jika belum seluruhnya, sediakan benda-benda yang ada di dapur dengan sekaligus berbelanja. Namun pastikan bahwa seluruhnya sesuai dengan list yang tersedia di ceklist.id. Agar aktivitas memasak tidak terganggu dan keluarga dapat nyaman untuk tinggal dan memasak di rumah.