Thursday, November 26

Beberapa Langkah dan Cara Perawatan Bayi Berat Badan Lahir Rendah

Bayi yang terlahir premium umumnya memiliki berat badan yang rendah. Hal ini terjadi ketika berat badan bayi yang baru lahir kurang dari 2.5 kg. Selain karena lahir dalam keadaan prematur, beberapa kondisi lain juga meningkatkan faktor resiko bayi terlahir dengan berat badan rendah seperti adanya infeksi yang terjadi selama kehamilan, ibu memiliki beberapa kondisi kesehatan yang kurang baik seperti (hipertensi, preeklamsia, anemia, kekurangan gizi, dll), ibu mempunyai berat badan yang kurang dari keadaan normal, dilahirkan dari seorang ibu yang masih berusia di bawah 17 tahun atau lebih dari 35 tahun, serta lahir dari sebuah kehamilan kembar. Bayi yang terlahir dengan berat badan rendah atau di bawah normal membutuhkan perawatan khusus. Hal ini dikarenakan sistem imunitasnya yang lebih rentan dibandingkan bayi dengan berat badan normal. Lantas apa saya yang harus dilakukan?

Salah satu hal yang harus dilakukan untuk merawat bayi dengan berat badan rendah adalah dengan memberikan ASI secara teratur. Hal ini dikarenakan ASI merupakan salah satu sumber nutrisi yang sangat penting bagi bayi. ASI bisa meningkatakan sistem imunitas bagi tubuh. Sehingga, bayi akan lebih cepat berkembang dan mempunyai berat badan normal. ASI bisa diberikan setiap 2 – 3 jam sekali. Selain itu, bayi yang lahir dengan berat badan yang rendah karena prematur memiliki lapisan jaringan lemak yang lebih tipis dibandingkan dengan bayi normal. Oleh karena itu, akan lebih baik jika ibu lebih sering bersentuhan dengan bayi dan membantu menjaga kehangatan tubuhnya. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode kangguru.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa bayi yang lahir dengan berat badan rendah memiliki sistem imunitas yang lemah. Oleh karena itu, ibu harus memenuhi imunisasinya agar tetap lengkap. Hal ini dilakukan agar bayi mempunyai sistem imunitas yang baik. Selain itu, ibu juga harus memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi secara teratur. Akan lebih baik, jika bayi dibawa ke fasilitas kesehatan untuk dicek tentang perkembangan dan pertumbuhan tubuhnya.