Friday, March 5

Bantu Tingkatkan Semangat, Berikut 5 Cara Mengatasi Anak Malas Belajar di Sekolah

Mengatasi anak yang malas belajar memang membutuhkan tenaga ekstra untuk membujuknya. Pasalnya ada banyak sekali penyebab yang bisa membuat anak malas untuk belajar. Seperti kesulitan memahami materi, tidak nyaman dengan lingkungan belajar atau kurangĀ  berminat terhadap topik yang sedang dipelajari. Oleh karenanya para orang tua harus tahu cara mengatasi anak malas belajar di sekolah. Yuk simak tips berikut.

Tips Untuk Mengatasi Anak Malas Belajar

1 Membangun Komunikasi dengan Anak

Sebelum menyuruh anak untuk belajar ada baiknya orang tua harus membuka komunikasi dengan anak terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar orang tua paham bentul sebenarnya apa yang menyebabkan anak malas untuk belajar. Berilah anak kesempatan untuk bercerita tentang apa yang ia rasakan terhadap proses belajar. Tanyakan jika mungkinkah anak sedang mengalami kendala saat sedang belajar di sekolah.

  1. Mengajak Anak Untuk Menentukan Tujuan Belajar

Banyak anak yang hanya menganggap belajar merupakan kewajiban yang harus mereka lakukan semata. Pasalnya mereka tidak mengerti makna dan manfaat dari materi yang sedang dipelajari. Oleh karenanya orang tua perlu membantu anak untuk mengenali terlebih dahulu tujuan belajarnya. Jika bisa cobalah mengaitkan cita cita atau minat anak terhadap belajar bersungguh sungguh untuk bisa mewujudkan cita cita mereka.

  1. Hargai Proses Belajar Anak

Agar anak bisa bersungguh sungguh dalam proses belajarnya, maka cobalah untuk menghargai proses belajar anak. Banyak orang tua yang tidak sadar bahwa ekspresi kekecewaan karena nilai anak yang kurang baik. Hal ini adalah gangguan untuk anak dan membuat si kecil jadi down karena usahanya tidak dihargai. Cobalah untuk menghargai proses anak bukan hanya tertuju pada hasil atau prestasi yang dimiliki anak.

  1. Mengenali Gaya Belajar Anak

Bisa dipastikan jika setiap anak memiliki cara belajar yang berbeda beda agar bisa paham terhadap pelajaran. Ada anak yang suka belajar dengan cara membaca, mendengarkan atau dengan cara praktik. Dengan mengetahui gaya belaja anak, maka orang tua akan lebih mudah untuk memodifikasi materi dan juga sistem belajar agar sesuai dengan kebutuhan anak tersebut.

  1. Jadilah Role Model

Saat jam belajar anak, maka usahakan orangtua membangun iklim belajar di dalam di rumah. Orangtua dapat mendampingi anak belajar atau berada di dekatnya sambil membaca buku dan mengerjakan pekerjaan kantor. Jika anak sedang belajar namun orangtua justru bermain gadget atau menonton televisi maka anak akan menganggap jika belajar adalah kewajiban yang menjenuhkan. Sehingga cara mengatasi anak malas belajar di sekolah adalah dengan mendukung cara belajar anak.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mendongkrak kembali semangat belajar anak. Dengan melakukan beberapa hal tersebut, maka anak akan menganggap belajar adalah kewajiban bagi semua orang. Baik itu orang dewasa maupun anak anak belajar adalah proses yang wajib dilakukan. Anda juga bisa mengubah suasana belajar di rumah untuk meningkatkan semangat anak untuk selalu belajar.