Monday, September 28

Bagaimana Cara Mencegah Flu Pada Bayi? Ini Jawabannya

Ternyata bayi juga rentan terhadap flu terlebih saat cuaca sedang tidak baik. Jika bayi terkena flu tentu kesehatannya menjadi terganggu. Bayi cenderung rewel, demam dan banyak gejala lain yang menghampiri. Hal ini membuat orangtua gelisah karena tidak tenang akan keadaan bayinya.

Untuk menghindari flu yang bisa saja menghampiri bayi, sebaiknya orangtua melakukan upaya pencegahan pada flu bayi tersebut.

Cara Mencegah Flu Pada Bayi

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan supaya bayi tidak lekas terkena flu:

  1. Istirahat cukup

Pastikan si kecil banyak istirahat dengan tidur yang cukup. Jika kurang istirahat, tubuhnya bisa semakin lemah dan mudah terserang flu. Atur waktu istirahatnya dengan menidurkannya secara rutin.

 

  1. Atur posisi tidurnya

Cara lain untuk mencegah flu pada si kecil adalah dengan mengatur posisi tidurnya. Posisi tidur yang baik adalah posisi kepala yang lebih tinggi dari posisi badan. Posisi seperti itu membuat si kecil semakin mudah untuk bernafas dan pernafasannya lancar.

 

  1. Perbanyak cairan

Penuhi asupan cairan si kecil dengan memberinya minum yang cukup. Jangan sampai si kecil dehidrasi. Baik ASI, susu formula dan air putih, sama pentingnya bagi tubuh si kecil. Yang paling penting, selalu sediakan minum untuk si kecil dan upayakan untuk tidak telat.

 

  1. Jaga badannya tetap hangat

Jaga badanya agar tetap hangat terutama jika cuaca sedang tidak menentu. Jauhkan dari angin kencang ataupun percikan air hujan. Saat musim hujan atau cuaca buruk, jaga si kecil agar tetap berada didalam rumah dan memakai pakaian hangat.

 

  1. Penuhi nutrisi tubuhnya

Asupan nutrisi si kecil pada tubuhnya sangat berpengaruh pada imunnya. Jika imunnya kuat maka kemungkinan dia terkena flu sangat sedikit. Oleh sebab itu, penuhi asupan ASInya dan upayakan agar ASI ekslusif yang diberikan ibu lancar dan melimpah. Selain itu, vitamin maupun makanan pendamping juga harus diperhatikan.

Beberapa cara mencegah flu pada bayi diatas dapat anda ikuti agar si kecil tidak rentan terserang flu sehingga dia tetap sehat dan ceria dalam kesehariannya.

Bagaimanapun juga, memang selalu ada kemungkinan siapapun terkena flu bahkan termasuk si kecil. Jika hal ini masih tetap terjadi yang perlu dilakukan orangtua adalah membantu meringankannya. Caranya seperti menyedot ingusnya dan menggunakan semprot hidung atau pelembab udara. Jika tak kunjung sembuh, periksa ke dokter adalah solusi terbaiknya.