Friday, January 22

Anda Penasaran Apa Kegunaan Propolis Itu? Yuk Simak Selengkapnya Disini

 

Propolis merupakan salah satu bahan alami yang sangat dipercaya untuk mengatasi berbagai masalah sejak zaman dahulu. Bahkan, manusia pada zaman peradaban kuno juga sudah menggunakan obat ini untuk mencegah berbagai macam penyakit. Lalu, apa kegunaan propolis itu?

Yuk Simak Beberapa Manfaat Propolis Bagi Tubuh

  1. Mengobati Luka

Manfaat yang sering dihadirkan oleh propolis dapat berasal dari kandungan flavonoid. Kandungan ini adalah senyawa polifenol yang dapat berfungsi sebagai antijamur atau antimikroba dan antiradang. Kondisi ini tentu sangat bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka pada tubuh.

Bahkan, propolis tidak hanya mampu menyembuhkan luka yang tergores tetapi juga luka bakar. Senyawa khusus yang dimiliki oleh propolis dapat mengurangi sel mast jika dioleskan langsung pada tubuh yang terluka. Hal ini dapat merangsang pertumbuhan sel-sel baru dan mengurangi peradangan yang dapat terjadi pada luka tersebut. Hal ini dibuktikan dalam penelitian pada Jurnal Inflamo Pharmacology.

  1. Meredakan Gejala Herpes

Begitu pula, kandungan senyawa kimia dari propolis juga dapat berfungsi untuk melawan penyakit yang disebabkan oleh virus. Dalam hal ini, penelitian yang terdapat pada jurnal Phytotherapy Research telah menunjukkan adanya obat salep yang diberikan tambahan propolis dapat menyembuhkan penyakit herpes.

Tentunya, obat ini memiliki manfaat 3% lebih besar dalam mengurangi lenting atau cold sores dan rasa nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit ini. Jika anda sedang menderita penyakit ini, propolis sudah terbukti ampuh untuk mengatasinya. Bahkan, anda bisa menggunakan salep yang memiliki kandungan propolis untuk meredakan penyakit serta mencegah timbulnya penyakit baru.

  1. Anti Kanker

Jika anda masih bingung dengan apa kegunaan propolis, maka obat herbal ini dapat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi sel kanker yang sudah tumbuh pada tubuh. Kandungan senyawa kimia yang terdapat pada herbal yang satu ini juga bisa menghambat penyebaran sel kanker di dalam tubuh.

Meski demikian, propolis bukanlah satu-satunya obat mujarab yang langsung bisa menyembuhkan seseorang yang terkena kanker. Dalam hal ini, propolis dapat digunakan sebagai obat pendamping agar proses penyembuhan penyakit kanker dapat berjalan cepat dan optimal.

Beberapa penelitian yang menunjukkan kondisi ini adalah propolis yang digunakan sebagai tambahan terapi pada penderita kanker payudara. Dalam hal ini, kandungan senyawa antitumor yang dihasilkan dapat membantu tubuh untuk mengatasi dan membunuh sel kanker payudara. Meski demikian, peneliti akan terus menguji hal ini untuk memastikan manfaatnya.

  1. Mengobati DBD

Obat herbal yang satu ini juga sudah dipercaya dapat mengobati penyakit DBD. Pertanyaan apa kegunaan propolis disini dapat dibuktikan dengan meningkatkan jumlah trombosit yang diproduksi oleh tubuh ketika pasien mengkonsumsi obat ini. Bahkan, penelitian ini telah dilakukan kepada 63 orang pasien dan menunjukkan hasil yang sama.

Selain itu, memilih propolis sebagai suplemen juga dapat meningkatkan hematokrit dan leukosit yang terdapat pada tubuh. Hal ini tentu dapat membantu para pasien yang sedang menderita DBD akan segera sembuh. Tetapi, kondisi ini masih belum bisa memastikan bahwa obat herbal yang satu ini bisa mengatasi gejala demam berdarah.

  1. Mencegah Penularan Penyakit Karena Virus Dan Bakteri

Selain flavonoid, propolis juga memiliki berbagai kandungan senyawa kimia yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Senyawa propolis yang dapat terdiri dari zat pinobanksin 30 acetate, chrysin, ferulic acids, pinobanksin, pinocembrin, prenyl esters of caffeic dan senyawa lainnya dapat berperan sebagai obat dan suplemen untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Bahkan, berbagai kandungan tersebut juga dapat berperan sebagai antioksidan, antiinflamasi dan antikanker untuk menangkal berbagai penyakit. Obat herbal yang satu ini bahkan juga bisa berperan untuk menangkal berbagai penyakit akibat virus, jamur dan bakteri, sehingga obat ini sangat bermanfaat bagi tubuh.

Berbagai produk propolis bahkan juga banyak dihadirkan dalam bentuk cair, spray dan permen yang bisa digunakan langsung untuk mengatasi masalah penyakit oral dan pernafasan. Tentunya, sakit flu, batuk, TBC dan infeksi saluran pernafasan juga dapat disembuhkan dengan obat ini.

Kondisi tersebut juga telah memotivasi Kemenkes dan HDI untuk memproduksi suplemen yang mengandung propolis atau bisa dinamakan Propoelix. Jenis suplemen tersebut diberikan kepada semua pasien suspect penderita corona yang sedang dikarantina agar memiliki daya tahan tubuh kuat dan segera sembuh dari sakitnya.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan senyawa yang dimiliki oleh obat herbal ini juga dapat meningkatkan produksi kolagen, sehingga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit. Tentunya, obat ini dapat digunakan sebagai perawatan kulit secara alami karena dapat mengurangi pigmentasi dan kemerahan akibat peradangan karena sinar matahari, polusi dan radiasi.

Selain itu, obat herbal ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kulit yang berjerawat. Kandungan anti radang yang dimiliki oleh propolis dapat membantu meredakan jerawat yang sedang meradang. Bahkan, getah alami yang dapat berfungsi sebagai obat herbal ini juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati secara alami.

Setelah anda mengetahui apa kegunaan propolis ini untuk kesehatan, anda juga harus mengetahui cara penggunaannya. Tentunya, anda bisa memilih jenis bentuk propolis agar bisa dioleskan langsung ke kulit, disemprot ke kulit maupun dicampur dengan air atau diminum secara langsung. Dalam hal ini, anda juga harus berhati-hati dalam menggunakan ketika memiliki kulit sensitif.

  1. Perawatan Gigi Dan Mulut

Obat herbal yang satu ini juga sangat ampuh untuk melakukan perawatan terhadap gigi dan mulut. Penggunaan obat propolis yang disemprotkan ke mulut, sebagai obat kumur, permen dan gel oral dapat membantu perawatan ini. Tentunya, kondisi antiinflamasi dan antibakteri yang terdapat pada obat ini dapat mencegah pertumbuhan bakteri streptococci dan candida.

Begitu pula, obat ini juga mengandung asam caffeic yang berfungsi untuk mempengaruhi membrane epitel pada mulut. Tentunya, penggunaan propolis secara rutin dapat menjaga kondisi gigi agar tidak mudah rusak dan mencegah terjadinya paparan mikroba yang dapat menimbulkan bau mulut dan masalah lainnya.

Propolis adalah bagian penting yang dapat dihasilkan oleh lebah dan terbukti ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh maupun mengatasi berbagai penyakit. Beberapa ulasan di atas adalah beragam manfaat yang dapat diperoleh ketika mengkonsumsi obat ini. Tentunya, beberapa peneliti masih melakukan penelitian lanjutan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.