Wednesday, August 12

Apa Itu Perilaku Organisasi?

Perilaku organisasi merupakan penerapan pengetahuan tentang bagaimana indidu dan kelompok dapat bertindak dan bereaksi dalam sebuah organisasi. Adapun tujuannya yaitu untuk mencapai kualitas kinerja tertinggi dan hasil yang dominan. Perilaku organisasi mempelajari tentang pengaruh dan dampak yang dimiliki oleh individu, kelompok, serta struktur organisasi terhadap perilaku dalam organisasi dengan tujuan untuk meningkatkan efektivitas organisasi.

Dalam bidang ilmu pengetahuan, perilaku organisasi dapat di definisikan sebagai bidang studi yang mempelajari tentang tindakan seorang atau individu dalam suatu organisasi. Di dalamnya juga termasuk mempelajari tentang bagaimana mereka berinteraksi satu dengan yang lainnya serta bagaimana mereka bekerja di dalam struktur organisasi guna menyelesaikan pekerjaan serta interaksinya dengan lingkungan eksternal organisasi.

Manfaat Mempelajari Perilaku Organisasi

Tujuan utama dari studi perilaku organisasi yaitu untuk merevitalisas teori organisasi serta mengembangkan konseptualisasi kehidupan organisasi menuju yang lebih baik. Mempelajari perilaku organisasi tentunya memiliki beberapa manfaat yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Perilaku organisasi bertindak sebagai peta jalan ntuk menuju kehidupan anggota dalam berorganisasi.
  • Perilaku organisasi dapat membantu setiap individu guna memahami perilaku mereka sendiri serta oranlain yang berada dalam organisasi sehingga mampu meningkatkan hubungan interpoersonal diantara individu yang terdapa di dalam organisasi.
  • Melakukan penelitian sistematis yang bermanfaat untuk memahami serta memprediksi kehidupan organisasi.
  • Membantu manajer untuk memahami serta mempengaruhi lingkungan dan kejadian atau masalah yang terdapat pada organisasi.
  • Memberikan motivasi dasar kepada para manajer guna mengarahkan dan mengawasi karyawan secara efektif.
  • Analisis perilaku organisasi dapat membantu mencegah munculnya masalah-masalah organisasi.
  • Perilaku organisasi juga dapat berguna dalam menjaga hubungan industrial seperti halnya konveksi baju.

Elemen Penting Perilaku Organisasi

Dalam hal ini, perilaku organisasi juga memiliki 4 elemen penting. Terdapat 3 elemen yang berasal dari internal organisasi yaitu individu atau manusia, struktur, dan juga teknologi. Sedangkan 1 lagi yakni sistem sosial yang berasal dari luar organisasi. Nah berikut adalah penjelasan tentang keempat elemen tersebut:

1. Individu atau manusia

Manusia adalah sistem sosial internal organisasi. Dalam hal ini, manusia terdiri ari individu atau kelompok. Kelompok yang dimaksud dapat berupa kelompok besar atau kecil, kelompok formal atau informal, resmi atau tidak resmi. Nah kelompok ini memiliki sifat dinamis yakni dibentuk, berubah, kemudian bubar. Nah manusia menciptakan sebuah organisasi ini kemudian mencoba untuk mencapai tujuan serta sasaran yang dikehendaki. Nah dengan demikian, organisasi ada atau dibuat untuk layani orang, dan bukan orang yang akan melayani organisasi.

2. Struktur

Struktur dalam hal ini dapat mendefinisikan hubungan antar orang dalam suatu organisasi. Orang yang berbeda dalam suatu organisasi dapat diberi peran yang berbeda dan mereka pun juga memiliki hubungan tertentu dengan orang lain. Struktur ini akan mengarah pada pembagian kerja sehingga dapat melakukan tugas atau pekerjaan mereka untuk mencapai tujuan organisasi. Nah semua saling terkait untuk mencapai tujuan secara terkoordinasi. Dengan demikian maka struktur memiliki kaitan dengan kekuasaan dan tugas. Seorang memiliki wewenang dan yang lain memiliki kewajiban untuk patuh kepadanya.

3. Teknologi

Teknologi menanamkan kondisi fisik serta ekonomi dimana orang bekerja. Nah sifat teknologi tersebut sangat tergantung pada sifat organisasi serta mempengaruhi pekerjaan atau kondisi kerja. Nah demikian maka teknologi dapat membawa efektivitas serta membatasi orang dengan berbagai cara.

4. Sistem Sosial

Dalam hal ini, sistem sosial menyediakan lingkungan eksternal tempat organisasi beroperasi. Nah sistem sosial ini memberikan pengaruh sikap orang-orang, kondisi kerja mereka serta memberikan persaingan untuk sumber daya dan kekuasaan.

Nah itu dia elemen perilaku organisasi. Kemudian jika perilaku organisasi di devinisikan sebagai studi tentang perilaku manusia yang bekerja di organisasi, maka perilaku organisasi juga memiliki ruang lingkup yang pada dasarnya juga terintegrasi dari 3 konsep atau studi perilaku yaitu perilaku individu, perilaku antar individu, dan juga perilaku antar kelompok. Nah untuk lebih jelasnya mengenai perilaku organisai, simak ulasan berikut:

  • Perilaku individu merupakan studi mengenai kepribadian individu, pembelajaran, sikap, motivasi, serta kepuasan kerja.
  • Perilaku antar individu merupakan studi yang dilakukan melalui komunikasi antara karyawan diantara mereka sendiri beserta dengan bawahan, memahami kualitas kepemimpinan orang, dinamika kelompok, konflik kelompok, serta kekuasaan politik.
  • Perilaku kelompok merupakan studi yang mempelajari tentang pembentukan organisasi, struktur organisasi, serta efektivitas organisasi serta berbagai upaya kelompok yang dilakukan untuk mencapai sebauah tujuan organisasi.

Nah itu dia berbagai hal yang berkaitan tentang perilaku organisasi. Dalam kehidupan sehari-hari, organisasi merupakan unsur yang tidak bisa dipisahkan. Organisasi dapat kita temukan dalam berbagai aspek kehidupan mulai dari organisasi yang terkecil yang berada di dalam sebuah keluarga, organisasi kelas, organisasi sekolah, organisasi mahasiswa, organisasi pergerakan nasional, dan sebagainya. Selain itu organisasi juga menjadi unsur yang tidak bisa dipisahkan dalam dunia kerja mulai dari industri sederhana, perusahaan seperti konveksi baju, hingga perusahaan-perusahaan besar. Untuk itu memahami seputar organisasi khususnya tentang perilaku organisasi menjadi hal yang penting sehingga kita bisa memahami mengenai apa saja yang terjadi dalam sebuah organisasi. Dengan demikian kita bisa menjadi orang yang bisa berperilaku dengan baik dalam sebuah organisasi.