Tuesday, May 11

Apa itu Digital Marketing? Dan Apa Manfaatnya?

Digital marketing telah banyak membantu menghubungkan suatu bisnis dengan pelanggan yang potensial. Di era digital, strategi bisnis terbaik saat ini adalah terhubung dengan pelanggan melalui media internet, karena sekarang ini internet menjadi tempat banyak orang menghabiskan sebagian besar waktunya setiap hari.

Lalu, Apa Itu Digital Marketing?

Digital Marketing (Pemasaran Digital) adalah cara mempromosikan produk / layanan melalui berbagai bentuk komunikasi elektronik, terutama menggunakan jaringan internet. Digital Marketing menekankan tiga faktor: menggunakan media digital, menjangkau pelanggan dalam lingkungan digital, dan berinteraksi dengan pelanggan.

Tidak seperti pemasaran tradisional, pemasaran ini melibatkan penggunaan channel dan komunitas yang dapat menganalisis kampanye pemasaran secara real time dan melakukan penyesuaian yang diperlukan.

Digital Marketing adalah solusi yang tepat untuk setiap industri dan pemilik bisnis untuk dapat melihat hasil lebih cepat daripada pemasaran tradisional. Berkat Digital Marketing, seorang pebisnis dapat menumbuhkan basis pelanggan mereka dalam waktu singkat.

Apa yang termasuk dalam Digital Marketing?

Digital Marketing memiliki 7 Platform utama, seperti :

  •         Situs web (platform inti)
  •         Iklan online
  •         Media Sosial
  •         Mesin Pencari (SEO dan SEM)
  •         Email
  •         App Mobile & Game untuk meningkatkan pengalaman pelanggan

Perbedaan antara Digital Marketing dan Online Marketing

Digital Marketing dan Online Marketing adalah istilah yang sering membingungkan banyak orang. Untuk membedakan keduanya, silahkan simak penjelasan berikut :

Digital Marketing 

Ketika datang ke Digital Marketing, Anda berbicara tentang menggunakan saluran digital termasuk peralatan dan platform (terlepas dari apakah mereka online atau tidak) untuk membangun, mempromosikan, dan menyampaikan pesan pemasaran kepada banyak orang.

Dengan kata lain, Digital Marketing tidak terbatas hanya dengan menggunakan internet, tetapi Digital Marketing dapat dianggap sebagai istilah yang lebih umum karena mencakup begitu banyak teknik pemasaran.

Sebagai contoh: Jika suatu perusahaan ingin menjalankan kampanye pemasaran menggunakan SMS untuk mengirim promosi kepada pelanggan, teknologi tersebut yang digunakan untuk membuat dan mengirim pesan SMS secara otomatis ke pelanggan (pengguna tidak memerlukan koneksi internet).

Setiap kegiatan dalam bentuk platform digital dapat dianggap sebagai Digital Marketing, contoh lainnya adalah pemasaran menggunakan Email, Ebook, Game, Konten, Video, Pemasaran Seluler, Iklan TV, dll.

Online Marketing

Online Marketing (juga dikenal sebagai Internet Marketing) juga merupakan bagian dari Digital Marketing. Fitur utama dari Online Marketing adalah menggunakan koneksi internet.

Misalnya, jika kami menjalankan kampanye iklan bergambar di situs web untuk bisnis atau merek tertentu, maka ini adalah contoh penerapan Online Marketing.

Manfaat Digital Marketing

Berikut adalah 15 manfaat Digital Marketing untuk suatu bisnis yang sangat membantu membuat keputusan yang tepat bagi pemilik bisnis di era digital.

  1. Mengembangkan strategi dengan data dan analisis yang berharga 

Dengan Digital Marketing, pebisnis akan memiliki informasi yang akurat tentang jumlah orang yang melihat situs secara real time. Dengan Google Analytics, pebisnis dapat melacak statistik dan informasi tentang situs web pemasarannya. Google Analytics akan memberitahu Anda tentang:

  •       Jumlah pengunjung ke situs web Anda
  •       Lokasi geografis mereka
  •       Jenis kelamin, usia dan preferensi pengunjung
  •       Berapa banyak waktu yang dihabiskan pengguna di situs Anda
  •       Sumber lalu lintas dari berbagai utilitas
  •       Bagaimana lalu lintas berubah dari waktu ke waktu

Dengan menunjukkan rincian semua informasi lalu lintas ini, pemilik bisnis akan mengetahui statistik mana yang akan diprioritaskan. Dengan Analisis data real-time akan memberi pebisnis pemahaman yang terbaik dalam teknik pemasaran.

  1. Mengidentifikasi target pelanggan

Mengidentifikasi target pelanggan adalah salah satu prasyarat dalam setiap kampanye pemasaran. Digital Marketing akan membantu kampanye menargetkan dan menjangkau khalayak secara efektif. Semua mesin pencari dan platform media sosial memberikan pilihan demografis (seperti jenis kelamin, usia, pekerjaan, alamat wilayah …), kebiasaan belanja, minat dan Perilaku spesifik jutaan pengguna.

Misalnya: Ketika Anda berencana untuk menjalankan iklan di Facebook, Facebook akan meminta audiens yang ingin Anda jangkau dalam kampanye iklan ini dengan opsi-opsi seperti lokasi, umur, jenis kelamin, bahasa, lokasi, hobi, perilaku, dan banyak opsi lain untuk menentukan target pelanggan yang dapat dijangkau.

  1. Meningkatkan Konversi

Untuk meningkatkan tingkat konversi, yang perlu Anda lakukan adalah membuat strategi pemasaran kampanye menarik.

Lalu lintas yang ditargetkan memberikan peluang konversi yang lebih besar. Tidak seperti jenis iklan lainnya, Digital Marketing memungkinkan Anda untuk membangun tautan dengan pelanggan yang sudah ada, pelanggan potensial dan dapat menjangkau mereka kapan saja.

  1. Lebih hemat biaya daripada pemasaran tradisional

Digital Marketing memungkinkan bisnis untuk menjalankan kampanye iklan dengan biaya rendah dibandingkan dengan iklan yang mahal di televisi dan radio. Selain itu, pebisnis dapat menyesuaikan biaya iklan sesuai keinginan.

  1. Omset yang lebih tinggi

Digital Marketing yang efektif mengarah pada tingkat konversi yang tinggi sehingga akan membawa banyak manfaat bagi bisnis dalam hal pendapatan. Dengan harapan pertumbuhan pendapatan yang lebih baik, usaha kecil dan menengah akan memiliki kesempatan untuk memperluas pelanggan mereka melalui Digital Marketing.

Saat ini, Digital Marketing menjadi semakin penting saat ini karena dikaitkan dengan proses pengambilan keputusan konsumen. Pada saat yang sama, Digital Marketing juga membantu bisnis untuk membangun hubungan dengan pelanggan yang sudah ada serta pelanggan potensial dan merupakan solusi yang cocok untuk semua bisnis.

Karena itu, jika kalian tertarik belajar digital marketing untuk meningkatkan bisnis Kalian miliki, Kalian harus mencoba menimba ilmu di banyak akademi bisnis digital terbaik di Indonesia.