Monday, November 23

Ingin Berobat Gratis, Yuk Kenali Apa Itu BPJS dan Apa Saja Manfaatnya untuk Anda

Bidang asuransi di tanah air memang bisa dibilang baru mulai berkembang naik. Salah satu hal terpentingnya ditandai dengan program pemerintah yang juga sistemnya hampir sama seperti asuransi, yakni BPJS Kesehatan. Anda yang masih bertanya-tanya apa itu BPJS dan apa saja manfaatnya untuk kita, yuk langsung saja simak ulasan menariknya di artikel yang ada di bawah ini.

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu BPJS

Pixabay.com

Asuransi boleh dibilang menjadi salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi seandainya terjadi masalah kesehatan dan memerlukan biaya pengobatan yang besar. Konsep inilah yang digunakan dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dinaungi oleh BPJS Kesehatan. Itulah mengapa, BPJS juga bisa dikatakan sebagai program ‘asuransinya’ milik pemerintah.

Jadi, jika ada yang bertanya apa itu BPJS, maka Anda bisa menjawabnya dengan menjelaskan kalimat di atas. Saking pentingnya program BPJS, baik pemerintah maupun swasta mewajibkan semua pekerjanya untuk mengikuti program ini. Bahkan tidak hanya terbatas kepada para pekerja swasta dan PNS saja, BPJS juga bisa diikuti oleh masyarakat umum dari semua golongan ekonomi.

Sayangnya, masih banyak orang yang ragu dengan harga iuran BPJS Kesehatan. Banyak yang beranggapan jika iuran BPJS akan semahal iuran di asuransi yang mana mengharuskan Anda membayar ratusan ribu hingga jutaan rupiah per bulannya. Untungnya, di BPJS Kesehatan Anda tidak akan menemui pembiayaan iuran per bulan yang membengkak. Pasalnya, iuran BPJS Kesehatan yang paling rendah saja hanya 42 ribu rupiah lho.

Dengan iuran semurah itu per bulannya, Anda sudah bisa mendapat pengobatan gratis baik itu rawat jalan atau rawat inap di kelas tiga. Cukup dengan datang ke fasilitas kesehatan pertama dan menunjukkan nomor BPJS Anda, maka Anda sudah akan dilayani pengobatannya sebaik mungkin dan tanpa membayar apapun lagi alias gratis.

Kelebihan Menggunakan BPJS Kesehatan

Pixabay.com

Setelah membahas tentang apakah yang dimaksud dengan BPJS, maka kini saatnya Anda membahas mengenai apa saja kelebihan yang dimiliki oleh BPJS ini. Sebagai masyarakat awam, Anda bisa mendapat banyak manfaat dari mengikuti program pembiayaan pengobatan milik pemerintah ini. Kira-kira apa saja ya manfaatnya?

  1. Iuran Lebih Murah dari Asuransi Swasta

Pertama, manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika ikut BPJS adalah besar iurannya yang lebih murah jika dibandingkan dengan asuransi swasta. Tentunya, murah adalah salah satu faktor penting ketika Anda membeli sesuatu. Nah, BPJS ini dalam satu bulannya yang paling murah adalah iuran sebesar 42 ribu rupiah.

  1. Pelayanan Berkualitas

Kedua, manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika ikut BPJS adalah pelayanannya yang berkualitas. Meski iuran bulanannya cukup murah, namun bukan berarti pelayanan BPJS yang diberikan abal-abal. Sebaliknya, Anda akan tetap dilayani dengan baik oleh fasilitas kesehatan mana pun dengan kartu BPJS yang Anda tunjukkan kala berobat.

  1. Tidak Ada Biaya Tambahan Pelayanan

Ketiga, manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika ikut BPJS adalah tidak adanya biaya tambahan dalam pelayanan. Anda hanya perlu membayar 42 ribu rupiah setiap bulannya untuk kelas tiga dan bisa menggunakannya untuk berobat kapan pun dengan total pengobatan sebanyak apapun tanpa harus membayar biaya lainnya lagi.

  1. Pendaftaran Tanpa Medical Check Up

Keempat, manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika ikut BPJS adalah pendaftarannya yang tidak memerlukan medical check up. Tidak sama seperti asuransi swasta yang mengharuskan Anda melakukan medical check up sebelum menjadi peserta, BPJS hanya mewajibkan Anda untuk mendaftar dengan mengisi formulir dan menyerahkan identitas pribadi saja.

  1. Usia Lanjut Juga Masih Bisa Mendaftar

Kelima, manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika ikut BPJS adalah Anda yang usianya sudah lanjut (di atas 60 tahun) pun masih bisa mendaftar. Tidak ada batasan usia bagi peserta BPJS dan hal ini tentunya tidak sama dengan asuransi swasta dimana mereka memberikan batasan maksimal usia pendaftar.

  1. Bisa Daftar dan Rubah Data Secara Online

Terakhir, manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika ikut BPJS adalah Anda bisa mendaftar secara online. Jadi, Anda yang super sibuk tidak perlu harus datang ke kantor BPJS dan antri lama untuk mendaftar. Cukup buka situsnya atau download aplikasi JKN Mobile dan lakukan pendaftaran, maka Anda sudah bisa menjadi peserta BPJS. Bahkan, Anda juga bisa lho rubah data secara online jika ada kesalahan atau memang ada update data.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan ketika mengikuti program BPJS Kesehatan dari pemerintah. Tentunya, untuk bisa menikmati itu semua, Anda harus mendaftar BPJS dulu. Jika Anda sudah mendaftar, maka Anda bisa mulai membayar iuran bulanan. Tidak perlu bingung jika Anda ingin tahu cara cek saldo BPJS. Anda bisa membuka saja website resmi dari BPJS atau download aplikasinya di Playstore dan mulai login ke akun Anda.

Demikian ulasan mengenai apa itu BPJS Kesehatan, apa saja manfaat yang bisa Anda dapat ketika mengikutinya, dan bagaimana cara mudah untuk cek saldo BPJS Anda. Semoga ulasannya bermanfaat untuk Anda dan bisa jadi referensi ya.