Friday, July 3

Anatomi Mata dan Fungsinya

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting, akan tetapi masih banyak yang belum mengetahui tentang bagian-bagian anatomi mata yang penting. Sistem penglihatan adalah proses yang kompleks dan bahkan sel-sel diotak bekerja lebih banyak untuk indra penglihatan di bandingkan untuk indra penciuman, sentuhan, dan juga perasa.

Untuk merawat kesehatan mata sebaiknya makan makanan yang mengandung asam lemak omega 3, zinc, lutein, dan vitamin c, a, dan e misalnya wortel, tuna, telur, bayam dan yang lainnya. Apabila anda perokok sebaiknya anda berhenti untuk merokok. Pada saat siang hari sebaiknya anda perlu menggunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari bahaya sinar ultraviolet, sebaiknya menggunakan kacamata sesuai dengan kondisi mata. Mata anda sebaiknya perlu beristirahat apabila melihat layar ponsel maupun komputer yang terlalu lama. Apabila mata anda kering sebaiknya kedipkan mata berkali-kali sampai mata terhidrasi. Bila perlu anda mengecek mata anda ke dokter atau optik yang sudah menyediakan alat-alat pemeriksaan mata.

Anatomi Mata dan Fungsinya

Ada beberapa bagian-bagian mata dan juga fungsinya, sehingga anda dapat mengetahuinya, sehingga anda dapat menjaga kesehatan mata. Berikut anatomi mata dan fungsinya, yaitu:

  1. Kornea

Kornea merupakan jaringan yang berbentuk kubah transparan yang membentuk pada bagian paling depan mata anda. Kornea ini berfungsi sebagai jendela dan jalan masuk cahaya ke mata anda. karena kornea, mata anda juga memulai mengatur proses sinar cahaya supaya dapat melihat kata-kata dan juga gambar secara jelas. Kornea berfungsi memberikan 65-75 persen kekuatan fokus pada mata anda. anda juga perlu berhati-hati untuk selalu menjaga kesehatan kornea anda. karena di dalam kornea mengandung banyak ujung saraf yang dapat membuatnya sangat sensitif dan menjadi bagian penting dalam jalur masuknya cahaya ke dalam mata.

  1. Bilik mata depan atau anterior chamber

Bilik mata depan merupakan sebuah kantung yang mirip dengan jelly dan berada di belakang kornea mata,pada depan lensa. Kantung ini juga dikenal dengan istilah anterior chamber yang berisi cairan aqueous humor yang dapat membantu membawa nutrisi ke jaringan mata. Cairan aqueous humor berfungsi sebagai penyeimbang tekanan didalam mata. Kesehatan mata anda juga bergantung pada proses produksi dan aliran cairan pada bilik mata depan. Apabila terdapat gangguan, hal ini dapat menyebabkan masalah pada tekanan yang berada di dalam matanya, misalnya seperti pada penyakit glaukoma.

  1. Sklera

Sklera merupakan selaput yang berwarna putih dan keras dengan jaringan fibrosa yang menutupi semua bola mata anda, kecuali pada bagian kornea dan didalamnya terdapat otot yang menempel berguna untuk menggerakan mata yang menempel pada sklera.

  1. Iris dan pupil

Iris dan pupil merupakan bagian dari anatomi mata yang saling berhubungan satu sama yang lain. Iris ini merupakan membrane yang berbentuk cincin didalam mata yang mengelilingi lubang pada tengahnya. Sehingga lubang ditengahnya ini yang disebut dengan pupil. Pupil adalah otot yang dapat tertutup dan terbuka maupun mengecil dan membesar. Iris ini berfungsi untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke mata dan juga menyesuaikan dengan bukaan pupil.

  1. Lensa

Lensa merupakan sebuah jaringan transparan dan lentur serta terletak tepat di belakang iris dan pupil. ini merupakan salah satu bagian kedua dari mata anda, setelah kornea. Fungsi lensa itu sendiri untuk membantu memusatkan cahaya dan juga gambar pada retina anda. karena lensa mata lentur dan elastis, maka bentukannya dapat berubah menjadi melengkung dan fokus pada objek disekitar. Lensa ini dapat memberikan 25 sampai 35 persen kekuatan fokus mata anda.

  1. Choroid dan konjungtiva

Choroid merupakan membran yang berwarna cokelat gelap yang terdapat banyak pembuluh darah di dalamnya. Posisinya ini terletak diantara sklera dan juga retina. Choroid berfungsi untuk memasok darah dan nutrisi ke retina dan semua struktur yang lainnya pada bagian anatomi mata. Sedangkan konjungtiva itu sendiri merupakan lapisan tipis jaringan yang menutupi semua bagian depan mata anda terkecuali untuk kornea.

  1. Vitreous

Berbeda dengan cairan aqueous humor yang adanya didepan depan lensa mata. Vitreous humor ini terletak di belakang lensa mata. Vitreous merupakan zat seperti jelly yang mengisi bagian dalam dan bagian belakang mata. Seiring waktu vitreous ini akanĀ  menjadi lebih ence dan dapat terlepas dari bagian belakang mata.

  1. Retina dan optik

Retina merupakan sebuah jaringan yang peka terhadap cahaya. Retina melapis permukaan pada bagian dalam mata. Sel pada retina dapat mengubah cahaya masuk menjadi impuls listrik. Impuls listrik dibawa oleh saraf optik ke otak dan menyerupai kabel televisi. Sedangkan untuk makula merupakan bagian sensitif kecil di tengah retina yang memberikan penglihatan sentral yang jelas. Fovea terletak dipusat makula dan fungsinya memberikan penglihatan detail yang paling tajam pada mata anda.

 

Bagi anda yang belum mengetahui tentang anatomi mata, mungkin penjelasan diatas dapat membantu anda untuk dapat memahami bagian-bagian mata dan selalu menjaga kesehatan mata anda.