Monday, September 28

Akibat kekurangan kalsium pada bayi

Kalsium merupakan zat yang sangat penting untuk pertumbuhan terutama untuk pertumbuhan tulang dan pemenuhan nutrisi untuk kekuatan tulang. Sehingga kalsium sangat berpengaruh terhadap tinggi badan dan kesehatan tulang. Oleh karena itu sebisa mungkin sejak bayi kita harus terpenuhi nutrisinya termasuk kalsium ini. jika terjadi kekurangan kalsium maka dapat berdampak buruk bagi pertumbuhan bayi. Untuk itu berikut kami berikan beberapa akibat yang ditimbulkan jika bayi kekurangan kalsium.

Rakitis

Rakitis merupakan kondisi dimana bayi yang kekurangan kalsium sehingga menyebabkan petumbuhan bayi menjadi terhambat terutama yang menyangkut dengan tulang. Pada rakitis ini, pertumbuhan tulang kaki dan tulang punggung bisa menjadi bengkok. Biasanya pada kaki akan membentuk melengkung dan membentuk seperti huruf O yang tentunya dengan memiliki kelainan pertumbuhan tulang seperti ini dapat menghambat aktivitas baik ketika masih anak-anak maupun ketika dewasa nanti.

Kepadatan tulang menurun

Selain memiliki kelainan tulang, kekurangan kalsium pada bayi juga dapat menyebabkan kepadatan tulang menurun dan tentunya dapat menghambat pertumbuhan anak. dengan kurangnya kandungan kepadatan kalsium pada tulang yang menurun dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti osteoporosis yang cukup mengganggu aktifitas sehari-hari.

Osteoporosis

Osteoporosis merupakan kondisi dimana tulang kekurangan kalsium sehingga dapat menyebabkan tulang sakit, biasanya terjadi ketika sudah dewasa. oleh karena itu, lebih baik mencegah dengan memberikan kalsium yang cukup ketika masih bayi dan ketika masih masa pertumbuhan daripada mengobatinya ketika sudah dewasa bukan?

Untuk mencegah bayi kekurangan kalsium maka anda sebagai orang tua wajib memperhatikan asupan yang diberikan untuk bayi anda, selain memperhatikan asupan pemenuhan kalsium pada bayi juga dapat dipenuhi sejak bayi masih dalam kandungan yaitu dengan cara ketika hamil mengkonsumsi susu yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi.

Demikianlah beberapa akibat yang bisa terjadi jika bayi kekurangan kalsium serta pencegahannya, alangkah baiknya berikan asupan yang seimbang pada bayi agar tumbuh kembangnya optimal sehingga ketika dewasa nanti akan tumbuh sehat dan normal tanpa kekurangan suatu apapun.