Thursday, November 26

Air Ketuban Sedikit, Bisakah Ibu Hamil Melahirkan Normal?

Deskripsi:

Kondisi sehat tanpa ada masalah adalah hal yang paling diharapkan dari ibu hamil. Lancar untuk segala proses kehamilan hingga kelahiran merupakan impiannya. Namun tidak sedikit dari mereka yang harus merasakan masalah saat kehamilan salah satunya air ketuban yang sedikit.

Artikel:

Air ketubahan adalah unsur penting dalam kehamilan karena menunjang perkembbangan janin dalam rahim. Secara medis, tubuh seorang wanita akan memproduksi cairan ketubahan setelah 12 hari pembuahan. Terdapat sumber yang berbeda untuk air tuban dalam usia kandungan. Paruh pertama, air ketubahan berasal dari air dalam tubuh ibu namun paruh kedua air ketuban berasal dari urine janin. Terdapat beberapa masalah yang berkaitan dengan air ketubahan salah satunya kondisi dimana jumlah air ketuban ibu hamil sedikit. Jangan mengganggap remeh kondisi ini karena air ketubahan memiliki peran yang penting. Berikut penjelasan mengenai kondisi ini.

Kenali Penyebab Air Ketubahan Sedikit dan Cara Pencegahannya

Penyebab Air Ketubahan Sedikit

Air ketubahan mempunyai peranan penting bagi janin yaitu sebagai pelindungan dari cedera perut ibu, melindungi dari infeksi, menjaga janin tetap pasa suhu yang konstan dan membantu paru-paru dan sistem pencernaan menjadi matang. Secara umum, kondisi air ketubahan dalam jumalh yang rendah pada waktu trimester ketiga. Akan menjadi kondisi yang tidak normal jika terjadi pada 6 bulan pertama. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan kondisi ini:

  • Pecah atau kebocoran ketubahan sebelum waktunya
  • Masalah yang terjadi pada ibu hamil seperti diabetes, hipertensi, obesitas, dehidrasi bahakan preeklampsia.
  • Gangguan pada sistem kemih janin sehingga kesulitan untuk memproduksi urine yang cukup.
  • Gangguan fungsi plasenta yang membawa nutrisi dan oksigen ke janin.

Cara Mengatasi Air Ketubahan Sedikit

Beberapa hal yang dapat anda lakukan jika mengalami kondisi air ketubahan sedikit:

  • Rutin melakukan medical chekup dan konsultasi ke dokter untuk memantau janin.
  • Tetap terhidrasi, air dalam tubuh ibu adalah salah satu sumber air ketubahan sehingga sangat penting untuk minum banyak air putih.
  • Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi.
  • Berisitirahat yang cukup sehingga aliran darah ke plasenta lancar.
  • Infus amnio meruapakan salah satu cara medis untuk memberikan larutan saline melalui leher rahim untuk menambah air ketuban.

Nah, demikian penjelasan mengenai kondisi air ketubahan yang sedikit pada ibu hamil. Jangan khawatir dan lakukan konsultasi dengan dokter anda!.