Friday, March 5

5 Mitos Gunung Rinjani

Deskripsi

Gunung rinjani merupakan gunung yang memiliki keindahan yang memukau dan terletak di pulau Lombok dengan ketinggian 3726 mdpl.

Artikel

Dibalik keindahan yang begitu luar biasa, ternyata gunung rinjani ini banyak menyimpan misteri dan mitos yang penuh mistis, seperti cerita mistis gunung rinjani yang dikaitkan dengan adanya gempa 7.0 sr di Lombok.

Ramai diperbincangkan karena beredar video yang mengaku sebagai dewi anjani sang ratu penguasa gunung rinjani. Terlebih ada beberapa opini yang beranggapan jika sumber gempa tersebut berasal dari mitos-mitos di gunung rinjani.

5 Mitos Gunung Rinjani

Ada beberapa mitos gunung rinjani, yang dapat anda ketahui sebelum melakukan pendakian. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut mitosnya, yaitu:

  1. Dewi anjani

Didalam cerita pewayangan, dewi anjani merupakan sosok penunggu di gunung rinjani dan memiliki banyak pengikut. Pengikut dewi anjani ini adalah bangsa jin yang memiliki sifat baik dan kerap menolong pendaki yang tersesat dan keluar dari jalur.

  1. Istana dewi anjani

Di gunung rinjani ini terdapat sebuah kaldera lautan debu yang dinamakan dengan segara muncar yang tepatnya dari arah puncak kea rah tenggara. Menurut sebagian masyarakat percaya pada waktu tertentu istana ratu jin dewi anjani akan terlihat secara kasat mata.

  1. Dilarang menginjakkan kaki pada area tertentu

Di gunung rinjani terdapat beberapa tempat yang hanya boleh dikunjungi oleh bangsa jin, serta larangan dimasuki oleh manusia. Menurut masyarakat sekitar apabila ada pendaki yang hilang atau meninggal bisa jadi disebabkan karena berusaha mengunjungi area yang terlarang.

  1. Masuk dunia jin jika pendaki hilang

Banyak pengunjung serta pendaki gunung rinjani yang menghilang tanpa jejak. Akan tetapi masyarakat Lombok menyakini jika orang-orang tersebut tidak menghilang, namun tersesat didalam dunia jin.

  1. Danau segara anak

Segara anak adalah kawah dari gunung rinjani yang berada di desa sembalun lawang. Danau ini terletak 2000 meter diatas permukaan laut. Mitosnya jika ada seseorang yang melihat danau ini sangat luas maka akan panjang umur dan sebaliknya.

 

Bagi anda yang ingin mendaki gunung rinjani, alangkah baiknya untuk selalu menjaga diri dan tidak mengatakan keluh kesahnya pada saat melakukan pendakian.