Wednesday, January 19

4 Penyebab Anak Cepat Marah, Wajib Diwaspadai Orang Tua

Marah bukan sebuah kebiasaan yang bagus untuk seorang anak. Namun, ternyata banyak juga anak yang mengalami kebiasaan semacam ini. Penyebab anak cepat marah bisa bermacam-macam. Marah merupakan bentuk em

Marah adalah cara seorang anak meluapkan emosi negatif dan dianggap wajar apabila tidak disertai dengan tindakan atau ucapan kasar. Akan tetapi, tetap saja hal tersebut memberikan efek buruk bagi perkembangan psikis anak. Nah, empat faktor berikut ini menjadi penyebab anak cepat marah yang sebaiknya diwaspadai orang tua!

1.      Rasa Putus Asa

Rasa putus asa ternyata juga bisa menghinggapi benak seorang anak. Biasanya, anak akan merasa putus asa ketika dirinya tidak lagi mendapat pujian dari kedua orang tua. Pengasuhan dengan banyak memberikan pujian memang tidak direkomendasikan. Akan tetapi, justru tidak adanya penghargaan kepada anak akan membuat si anak merasa putus asa dan tidak mau berharap lagi.

 

2.      Merasa Terancam

Faktor berikutnya adalah si anak yang merasa terancam atau sering mendapat hukuman. Hal yang sebenarnya tidak boleh dilakukan orang tua adalah mengancam anaknya dengan hukuman bila melakukan sesuatu. Kondisi ini bisa membuat psikis anak semakin ketakutan dan akhirnya memberontak.

 

3.      Diabaikan

Kurang mendapat perhatian dan cenderung diabaikan adalah penyebab anak lekas emosi. Terkadang saat orang tua sibuk dengan pekerjaannya, si anak yang menjadi korban. Tidak dianggap dan merasa diabaikan adalah hal yang menyakitkan bagi anak-anak.

 

4.Dibandingkan Dengan Anak Lain

Merasa dibanding-bandingkan adalah faktor yang ternyata bisa menyebabkan anak cepat marah. Mereka akan merasakan kecemburuan antar anak yang bisa membuat si anak berpikir tentang ketidakmampuan dirinya menghadapi atau melakukan sesuatu.

Keempat faktor yang menjadi penyebab anak cepat marah diatas sebenarnya terkait dengan pola pengasuhan orang tua. Untuk menghindari atau mengatasi anak yang cepat marah, sebaiknya pola pengasuhan tersebut diubah oleh orang tua.

Itulah empat faktor penyebab anak cepat marah yang perlu mendapat perhatian dari orang tua. Solusi mengatasinya adalah dengan tetap memerhatikan anak serta kebutuhan mereka yang tidak hanya secara fisik tetapi juga psikisnya.

Semoga bermanfaat!