Wednesday, August 12

4 Hal Menarik di Balik Megahnya Sungai Mahakam

Kalimantan, salah satu pulau di Indonesia yang sangat unik karena terkenal dengan banyaknya sungai di tanah Borneo ini. Banyak sungai besar yang tanah ini, sehingga dibangunlah jembatan sepanjang 920 km melintasi berbagai kabupaten di Kalimantan Timur. Banyak aktivitas yang dilakukan masyarakat di daerah ini karena daya tarik yang ditawarkan. Melalui sungai Mahakam banyak sekali hal menarik yang patut diulik hingga dikunjungi banyak orang. Yuk cari tahu di sini!

Hal Menarik yang Disuguhkan pada Pengunjung

  1. Daya Tarik Sungai

Menyusuri salah satu sungai besar di Indonesia ini memberikan pengalaman yang berbeda bagi anda. Terdapat pulau Kumala yang jadi tempat wisata ramai dengan konsep yang unik. pulau ini dapat menggabungkan teknologi modern dengan budaya tradisional Kalimantan. Pulau ini menyuguhkan berbagai wahana menarik dan menantang, serta modern. Selain itu, juga ada rumah Lamin, pulau Kuil Stake, dan patung Lembuswana yang dibuat dari bahan tembaga.

  1. Transportasi

Sungai ini menjadi salah satu hal penting bagi masyarakat Kalimantan karena menjadi jalur penghubung antar wilayah. Mulai dari Kabupaten Kutai barat Bagian hulu, Kutai Kertanegara, hingga kota Samarinda dapat dilalui dengan satu jalur yang mudah. Untuk menuju ke jembatan ini, anda dapat melakukan tiga perjalanan, yaitu darat, laut, dan udara. Penerbangan menuju Bandara Temindung yang melayani penerbangan domestik atau beberapa kota yang ada di tanah Borneo.

  1. Akomodasi di Sekitarnya

Tanah Borneo ini tidak memiliki banyak rekomendasi hotel berbintang untuk penginapan yang sangat mewah. Akan tetapi, banyak pilihan hotel terbaik dengan harga terjangkau di kota Samarinda. Anda dapat memilih beberapa rekomendasi yang paling dekat dengan destinasi wisata yang akan dikunjungi. Akses di tengah kota menjadi pilihan yang tepat agar mudah saat ingin bepergian atau mencari kuliner terbaik, sehingga tidak memerlukan biaya yang besar.

  1. Kuliner

Sungai Mahakam memang menjadi objek wisata yang menarik, termasuk di sore hari sembari menikmati senja. Anda dapat menyusuri tepian sungai yang telah didesain untuk para pejalan kaki yang sedang menikmati indahnya sungai. Setelah itu, anda wajib mencicipi kuliner khas Kalimantan yang ada di sekitarnya. Toko Maju adalah warung kopi antik yang menyuguhkan hidangan dengan cita rasa otentik, mulai dari teh, kopi, roti bakar, roti telur, telur ayam kampung, dan lain lain.

Menikmati liburan di sekitar sungai dan jembatan Mahakam memang terasa lengkap sebagai penutup hari. Sambil menikmati senja, anda dapat menikmati daya tarik yang ditawarkan, yaitu pulau Kumala, pulau Kuil Stake, patung Lembuswana, dan beberapa keindahan lain. Yang tidak kalah menarik, menikmati kuliner khas Samarinda yang sudah berdiri sejak 1960an. Rasa otentik yang disuguhkan membuat para pelancong ketagihan, ditambah harga yang sangat ramah di kantong.